Share

Fakta Penyu yang Bikin Anda Tercengang, Nomor 10 Sangat Unik!

Wikanto Arungbudoyo, Okezone · Kamis 24 Mei 2018 10:05 WIB
https: img.okezone.com content 2018 05 24 196 1902043 fakta-penyu-yang-bikin-anda-tercengang-nomor-10-sangat-unik-nberZLKhk9.jpg Penyu (Reuters)

JALANNYA lambat dan cangkangnya keras, tentu Anda sudah tahu apa hewan yang dimaksud. Ya, penyu. Salah satu hewan paling tua di dunia itu masih eksis sejak zaman purbakala.

Meski demikian, keberadaan penyu harus tetap dilestarikan. Pada tahun 2000, organisasi American Tortoise Rescue (ATR) menginisiasi pemberian hari khusus untuk penyu yang diperingati setiap 23 Mei.

 Baca juga: Fans Kecewa Penampilan Meghan Markle Berubah, Rambut Berantakannya Hilang dan Stocking-nya Keputihan!

Inisiatif mereka simpel, yakni meningkatkan pengetahuan serta kesadaran manusia akan penyu. Selain itu, mereka juga ingin agar manusia membantu penyu tetap bertahan serta dilestarikan sebagai salah satu hewan purbakala.

Agar Anda lebih banyak tahu soal penyu, berikut 11 fakta menarik yang bisa bikin tercengang, dilansir dari Huffington Post, Kamis (25/5/2018):

1. Eksis ratusan juta tahun

 Penyu (Reuters)

Fosil penyu tertua di dunia diketahui berasal dari 150 juta tahun lalu. Dengan demikian, sudah sah bila penyu dibilang sebagai salah satu hewan tertua di muka bumi. Sebagai informasi, dinosaurus saja sudah punah sekira 65 juta tahun lalu!

Baca juga: Kim Kardashian Kembali Foto Vulgar! Ups, Putingnya Nyempil

2. Penyu suka menjelajah

Tidak hanya manusia, tetapi penyu juga senang travelling loh. Spesies penyu belimbing (leatherback sea turtle) bahkan bisa menjelajah hingga 16 ribu kilometer (km) dalam waktu satu tahun. Sebagai informasi saja, diameter bumi hanya 12 ribu km!


3. Selalu kembali ke rumah

Sejauh-jauhnya berkelana, tentu akan kembali ke rumah juga. Bagi penyu betina, ketika sudah tiba waktunya untuk bertelur, mereka akan kembali ke tempat asal di mana mereka lahir. Telur-telur itu biasanya akan ditanam di pasir pantai.

Baca juga: 5 Cara Handphone Merusak Kulit Diam-Diam, Yuk Disimak

4. Jago menahan napas

Penyu (Reuters)

Spesies penyu hijau sangat jagoan untuk urusan ini. Mereka bisa berada di bawah air tanpa bernapas selama lebih dari 5 jam. Uniknya, mereka tidak bisa menyelam lebih lama dari 5 menit ketika sedang mencari makan.

Baca Juga: Lifebuoy x MNC Peduli Ajak Masyarakat Berbagi Kebaikan dengan Donasi Rambut, Catat Tanggalnya!

5. Bisa sangat berat

Penyu (Tumblr)

Keberadaan cangkang lazim membuat orang berpikir bahwa penyu bisa punya bobot tubuh yang sangat berat. Tidak salah memang. Penyu belimbing bahkan bisa mencapai berat badan 900 kilogram (kg).

Baca juga: Orangtua Gugat Putranya karena Masih Tinggal Menumpang

6. Ratusan butir telur

Sekali bertelur, penyu betina bisa menghasilkan hingga 150 butir. Penyu betina biasanya baru bertelur sekira 2-3 tahun sekali. Telur-telur itu akan disimpan di bawah timbunan pasir pantai yang hangat selama berbulan-bulan hingga muncul tukik yang nantinya akan berenang sendiri menuju perairan.

7. Yang bertahan yang hidup

Penyu (Reuters)

Perjalanan dari menetas hingga menuju laut adalah perjalanan untuk bertahan hidup bagi tukik. Tidak hanya itu. Tukik juga rentan diburu predator di laut terbuka. Maka, tidak heran dari ratusan telur, hanya belasan bahkan satuan saja yang bisa bertahan hidup hingga dewasa.

8. Pejantan berkelana seumur hidup

Karena hanya betina yang kembali ke sarang untuk bertelur, maka penyu jantan sudah pasti seumur hidup ada di lautan. Para pejantan itu bahkan tidak pernah keluar dari lautan. Hal tersebut menyulitkan para peneliti untuk menentukan jumlah penyu yang hidup di seluruh dunia.

 Baca juga: Berasal dari Bahasa Sunda, Ini Arti dari Ngabuburit!

9. Terlihat menangis

Apakah penyu punya perasaan seperti manusia? Sebenarnya tidak. Mereka memang sering terlihat menetaskan air mata. Tetapi, air mata itu berfungsi untuk menyingkirkan kandungan garam di lautan dari mata sehingga terlihat seperti menangis. Ya, kurang lebih sama dengan fungsi air mata bagi manusia, yakni untuk melindungi mata dari debu dan polusi.

10. Jenis kelamin berdasarkan temperatur

Penyu (Reuters)

Keunikan ini hanya dimiliki oleh penyu. Jenis kelamin tukik ditentukan oleh temperatur di sekitar penimbunan telur. Suhu yang lebih hangat akan menghasilkan lebih banyak penyu betina, sementara suhu yang lebih dingin cenderung menghasilkan penyu jantan.

11. Eksistensinya terancam

Ada tujuh spesies penyu dan enam di antaranya terancam punah atau bahkan sudah tidak ada lagi. Manusia justru mengancam eksistensi penyu. Mulai dari sampah di lautan yang sering mengganggu penyu, risiko kehilangan habitat asli, dan konsumsi telur serta daging penyu.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini