nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Perubahan Jam Biologis Bikin Orang Puasa Gampang Ngantuk

Agregasi Solopos, Jurnalis · Kamis 24 Mei 2018 12:17 WIB
https: img.okeinfo.net content 2018 05 24 196 1902118 perubahan-jam-biologis-bikin-orang-puasa-gampang-ngantuk-Fm0ogb9uQV.jpg Ilustrasi. Foto: London Loves Business

PERUBAHAN pola makan dan tidur selama bulan Ramadan sering menimbulkan berbagai masalah kesehatan. Puasa memang memengaruhi jam biologis tubuh manusia. Akibatnya, orang yang berpuasa seringkali mengantuk. Mengapa demikian?

Rasa kantuk yang muncul di siang hari disebabkan oleh perubahan ritme sirkadian alias jam biologis. Ritme sirkadian adalah jadwal kerja berbagai organ tubuh selama 24 jam. Jadwal ini diatur oleh hipotalamus yang berada di dalam otak manusia. Saat bulan puasa tiba, pola makan dan istirahat tubuh berubah drastis.

Dilansir Live Strong, perubahan pola makan dari yang awalnya tiga kali menjadi dua kali sehari disertai dengan berbagai aktivitas di malam hari dapat mengubah metabolisme tubuh. Saat berpuasa, suhu tubuh mengalami penurunan seiring dengan berkurangnya pengeluaran hormon kortisol dan melatonin. Melatonin merupakan hormon utama yang mengatur siklus tidur. Sementara hormon kortisol membantu otak tetap fokus di siang hari.

Saat sedang berpuasa, kebanyakan orang sering menunda jam tidur agar memiliki banyak waktu untuk makan, minum, bercengkrama, atau melakukan berbagai aktivitas lain di malam hari. Kebiasaan mengemil di malam hari yang meningkat, menurunnya aktivitas fisik seperti olahraga di pagi hari menyebabkan gampang ngantuk.

Perubahan jam biologis membuat kita gampang ngantuk zaat bekerja

[Baca Juga: Puasa Ramadan untuk Penderita Diabetes, Amankah?]

Berbagai hasil penelitian menyebut menunda waktu tidur sekitar satu jam saat puasa menimbulkan rasa kantuk di siang hari. Rasa kantuk biasanya semakin menjadi-jadi pada pukul 14.00 sampai 16.00. Inilah sebanya banyak orang merasa sangat lemas dan mengantuk hingga akhirnya terlelap saat sedang bekerja. Kondisi ini biasanya bakal kembali normal setelah 10 hari berpuasa.

Tapi apapun kondisinya, puasa tidak boleh menjadi alasan untuk bermalas-malasan. Lantas, bagaimana cara agar tetep bugar sepanjang hari selama berpuasa? Dilansir Pop Sugar, langkah awal untuk menjaga performa tubuh saat berpuasa adalah mengatur jadwal tidur. Kurang tidur membuat tubuh merasa memiliki utang sehingga mengantuk di siang hari.

Kurangnya aktifitas fisik pagi hari juga menyebabkan kantuk

Sebisa mungkin hindari paparan sinar matahari yang membuat tubuh cepat lemas. Batasi penggunaan gadget yang membuat mata lelah. Terakhir, atur pola makan selama berpuasa. Pastikan tubuh mendapatkan nutrisi yang cukup dari makanan bergizi.

[Baca Juga: 3 Cara Tetap Bugar Selama Ramadan]

(mrt)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini