Share

Serupa Tapi Tak Sama, Ini Bedanya Penyu dan Kura-Kura

Tiara Putri, Okezone · Kamis 24 Mei 2018 20:24 WIB
https: img.okezone.com content 2018 05 24 196 1902211 serupa-tapi-tak-sama-ini-bedanya-penyu-dan-kura-kura-HIYsX5CMCb.jpg Penyu dan kura-kura (Foto: Wikipedia)

PERNAHKAH Anda dibuat bingung dengan istilah penyu dan kura-kura? Sepintas keduanya memang terlihat mirip. Hewan ini sama-sama memiliki cangkang dan berkaki empat. Akan tetapi sebenarnya terdapat perbedaan.

Para pencinta binatang mungkin akan mengetahui perbedaan-perbedaan tersebut. Tetapi bagaimana dengan mereka yang belum mengetahui padahal ingin memeliharanya? Ya, salah satu di antara keduanya memang bisa dijadikan hewan peliharaan.

Bila Anda termasuk orang yang ingin memelihara, Anda harus tahu dulu perbedaan penyu dan kura-kura agar tidak salah kaprah. Melansir Telegraph, Kamis (24/5/2018), inilah perbedaan keduanya:

 [Baca Juga: Kepergok Minum saat Puasa, Alasan Bocah Ini Bikin Ketawa]

Dari segi habitat

Penyu adalah hewan yang hampir seluruh hidupnya dihabiskan di air terutama lautan. Satu-satunya waktu hewan ini datang ke daratan adalah saat tiba waktunya bertelur. Setelah semua telur berhasil dikeluarkan, penyu akan kembali ke lautan dan 'meninggalkan' calon anaknya atau yang biasa disebut tukik.

Sedangkan kura-kura adalah hewan yang hidup di daratan dan juga air tawar. Pada saat bertelur, kura-kura cenderung memberikan perlindungan bagi anak-anaknya setelah kira-kira 80 hari menetas dari telur.

 

Dari segi struktur tubuh

Penyu menghabiskan begitu banyak waktu di dalam air sehinggatubuhnya memiliki struktur yang memudahkan mereka untuk berenang lebih efektif. Penyu memiliki sirip, kaki berselaput, dan cakar panjang untuk membantu mendapatkan pegangan yang baik atau memanjat ke permukaan.

Berbeda dengan kura-kura yang memiliki cangkang berbentuk seperti kubah dan sangat kokoh guna melindunginya dari pemangsa. Kura-kura cenderung memiliki kaki pendek namun kokoh dengan cakar panjang untuk membantu mereka menggali.

Dari segi makanan

Penyu adalah omnivora atau pemakan segala. Di laut hewan ini bisa memakan tumbuhan maupun hewan lainnya. Selain itu, penyu juga bisa memakan ikan kecil, ubur-ubur, dan serangga seperti cacing tanah. Sedangkan kura-kura termasuk herbivora atau pemakan tumbuhan. Hewan ini banyak megonsumsi berbagai jenis sayuran, buah-buahan, rumput dan bunga.

 Baca juga: 5 Cara Handphone Merusak Kulit Diam-Diam, Yuk Disimak

Dari segi usia

Penyu memiliki umur rata-rata 60 - 70 tahun. Sebaliknya, kura-kura memiliki usia yang lebih panjang yaitu 80 hingga lebih dari 150 tahun. Bahkan kura-kura tertua di dunia hingga saat ini masih hidup di usianya yang ke- 183 tahun.

Baca Juga: Lifebuoy x MNC Peduli Ajak Masyarakat Berbagi Kebaikan dengan Donasi Rambut, Catat Tanggalnya!

(dno)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini