nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Minat Pelihara Anjing? Coba Baca 5 Tips Ini Dulu

Leonardus Selwyn, Jurnalis · Kamis 24 Mei 2018 23:47 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2018 05 24 196 1902332 minat-pelihara-anjing-coba-baca-5-tips-ini-dulu-AKIGsMzHNh.jpg Anak Anjing. (Foto: Shutterstock)

SELAIN terbilang lucu, memelihara anjing memiliki banyak manfaat seperti bisa menjaga rumah, anjing juga bisa menjadi sahabat yang baik bagi manusia. Meski demikian Anda harus pandai dalam mendidiknya. Salah mendidik, bukannya membantu anjing Anda malah merepotkan.

Menyadur dari Wonders List, Kamis (24/5/2018), Okezone akan membahas mengenai lima cara merawat anak anjing yang baik.

1.Pelatihan toilet

Mengajarkan anjing untuk buang air besar dan kecil pada tempatnya sudah harus dilakukan sejak dini. Alangkah baiknya, kebiasaan ini diajarkan sebelum anjing Anda berusia satu tahun. Pasalnya di usia tersebut, anjing berada di masa yang tepat untuk menerima perintah dari majikannya.

Baca Juga: 8 Aturan Kerajaan yang Dilanggar Putri Diana, Salah Satunya Tak Mau Patuh pada Pangeran Charles

(Foto: Shutterstock)

2.Ajarkan gerakan dasar seperti duduk, diam dan berguling

Perintah dasar ini sangat efektif untuk membuat hewan peliharaan Anda menurut. Anjing perlu diajari untuk tetap diam, karena ada banyak situasi ketika Anda tidak ingin mereka bergerak.

Perintah lainnya seperti duduk dan berguling pun bisa Anda terapkan kepada sang anjing. Mungkin agak sulit untuk mengaturnya, tapi percayalah dengan sikap tegas anjing Anda akan mulai menuruti perintah dengan baik.

3.Berjalan dengan mandiri (tanpa tali kekang)

Terkadang anjing Anda suka lepas kontrol jika diajak jalan-jalan. Fokus mereka akan beralih ke macam-macam objek ketika menemukan berbagai benda asing. Dalam keadaan yang lebih parah, anjing Anda bisa beringas dan menghiraukan semua perintah Anda.

Oleh sebab itu, sejak kecil ajarkanlah anjing anda supaya bisa berjalan mandiri mengikuti Anda. Jika anjing telah terlatih, maka tidak diperlukan lagi tali kekang untuk mengaturnya.

Baca Juga: Nikmatnya Pakkat, Menu Berbuka Puasa Primadona Orang Mandailing

(Foto: Shutterstock)

4.Bermain lempar tangkap

Bermain merupakan salah satu kegiatan yang harus Anda lakukan bersama hewan peliharaan. Salah satu yang permainan kecil untuk melatih kelincahan sang anjing adalah bermain lempar tangkap.

Anda bisa menggunakan bola tenis atau benda lunak lainnya. Frisbee menjadi salah satu benda yang dianjurkan untuk dimainkan oleh anjing. Anda cukup pergi ke ruangan terbuka dan mulai bermain dengannya.

(Foto: Shutterstock)

5.Ajari beretika yang baik

Beberapa anjing memang tampak tidak bersahabat saat menjumpai hewan jenis lain. Alhasil sebagai pemilik yang baik, Anda wajib mengajarkannya tentang berperilaku yang baik.

Sebagai contoh, Anda bisa mengajari anjing Anda hidup berdamping dengan hewan lain seperti kucing, ayam, kelinci dan lain-lain. Selain itu ajari pula anjing Anda untuk tidak menggigit manusia.

1 / 2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini