nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

3 Perubahan Gaya Hidup yang Harus Dilakukan untuk Cegah Pengapuran Sendi

Tiara Putri, Jurnalis · Kamis 24 Mei 2018 12:09 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2018 05 24 481 1902072 3-perubahan-gaya-hidup-yang-harus-dilakukan-untuk-cegah-pengapuran-sendi-pWga0Ahduk.jpg Ilustrasi (Foto: Medicalnewstoday)

PENGAPURAN sendi atau dalam bahasa medis dikenal dengan osteoartritis adalah penyakit yang terbilang sering menyerang orang lanjut usia. Penyakit ini memengaruhi lutut, pinggul, dan tangan. Mereka yang mengalaminya sering merasakan sakit parah, nyeri, dan kaku di persendian sehingga sulit untuk melakukan kegiatan sehari-hari.

Hingga saat ini belum ditemukan obat untuk mengatasi pengapuran sendi. Kebanyakan dokter menyarankan pasien untuk menggunakan obat penghilang rasa sakit atau operasi. Menurut WHO, kondisi ini setidaknya memengaruhi 9,6% pria dan 18% wanita di atas 60 tahun di seluruh dunia. Sebanyak 80% di antaranya memiliki pergerakan yang terbatas dan 25% tidak dapat melakukan aktivitas kehidupan sehari-hari.

Walau begitu, bukan berarti penyakit ini tidak bisa dicegah. Sebuah penelitian baru menemukan hubungan antara nutrisi dengan pereda nyeri untuk osteoartritis. Penelitian yang dilakukan oleh ilmuwan dari University of Surrey, Inggris itu menyatakan perubahan kecil pada gaya hidup dan diet seseorang dapat membantu menghilangkan rasa sakit serta mencegah kerusakan di masa depan.

Melansir Medical News Today, Kamis (24/5/2018) inilah perubahan kecil yang bisa dilakukan:

Konsumsi minyak ikan

Hasil penelitian yang dipublikasikan dalam jurnal Rheumatology menyatakan jika 1 gram minyak ikan per hari dapat membantu mengurangi rasa sakit dan memiliki manfaat untuk kesehatan jantung. Minyak ikan mengandung dua jenis asam lemak omega-3 yaitu asam docosahexaenoic dan asam eicosapentaenoic. Para ilmuwan menemukan jika kedua asam lemak ini dapat mengurangi risiko peradangan pada persendian dan membantu mengurangi rasa sakit.

Minyak Ikan

Viral! Aksi 4 Pria Berendam di Atas Truk yang Berjalan, Berminat?

Diet seimbang

Saat ini tingkat obesitas mengalami kenaikan yang berdampak pada penambahan risiko untuk terserang penyakit. Maka tak heran bila banyak ahli yang menyarankan masyarakat untuk melakukan diet seimbang yaitu mengonsumsi makanan bernutrisi secara lengkap dan melakukan aktivitas fisik. Pada penelitian ini dikatakan bila konsumsi makanan seimbang dan olahraga dapat menurunkan berat badan sehingga memperkecil kemungkinan terkena osteoartritis dan meredakan gejalanya.

Berat badan ideal akan mengurangi rasa sakit dan menurunkan kadar kolesterol dalam darah. Penurunan kolesterol darah menjadi penting karena peneliti menemukan jika kolesterol tingkat tinggi sering berhubungan dengan osteoartritis. Kombinasi diet yang seimbang dan olahraga teratur diperlukan untuk menjaga sendi tetap sehat.

Diet Seimbang

Baca Juga: Ini Bahayanya Ibu Hamil yang Merokok!

Konsumsi vitamin K

Para peneliti juga melihat konsumsi makanan yang kaya akan vitamin K adalah salah satu cara yang lebih mungkin untuk mencegah dan mengobati osteoartritis. Makanan yang kaya vitamin K seperti kale dan bayam dapat bermanfaat untuk memperbaiki serta mencegah kerusakan pada tulang dan tulang rawan.

Bayam

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini