nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Tips Rawat Perhiasan Berlian Biar Tetap Kinclong

Pradita Ananda, Jurnalis · Jum'at 25 Mei 2018 13:01 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2018 05 25 194 1902586 tips-rawat-perhiasan-berlian-biar-tetap-kinclong-qxsJZnw0He.jpg Berlian (Reuters)

BERLIAN adalah sahabat sejati kaum wanita. Pasti terdengar familiar kan ungkapan terkenal satu ini? Yup, sebegitu eratnya hubungan antara kaum Hawa dengan berlian sebagai perhiasan.

Mengoleksi perhiasan berlian pun dijadikan pilihan banyak wanita. Entah untuk koleksi pribadi ataupun sebagai bentuk investasi karena selain indah dan cantik, berlian sebagai perhiasan sendiri memang bisa dijadikan sebagai komoditi penghasil uang karena dihargai dengan harga yang mahal.

Bicara soal perhiasan berlian, tentu perawatannya jangan sampai sembarangan. Sayang kan jika berlian mahal ini sampai harus rusak atau menurun kualitasnya hanya karena salah langkah dalam perawatan. Nah, seperti apa perawatan perhiasan berlian? Menyitat Timesofindia, Jumat (25/5/2018) berikut lima tips merawat perhiasan berlian agar tetap berkilau.

 Baca juga: Ingin Tampil Cantik dengan Harga Terjangkau saat Lebaran? Milenial Harus Lihat Koleksi Ini

Berlian (Reuters)

1.Tidak dikenakan sembarangan

Tidak dikenakan sembarangan di sini maksudnya ialah soal pemakaian. Hindari memakai perhiasan berlian, misalnya cincin berlian ketika melakukan kegiatan sehari-hari yang banyak memerlukan tangan seperti membersihkan debu di dapur, yang mana debu-debu kotoran tersebut bisa masuk ke dalam batu berlian perhiasan Anda.

2. Pemakaian dengan produk lain

Hati-hati saat memakai produk krim di kulit, karena berlian cenderung bisa menjadi berubah warnanya karena terkena kontak dengan komponen di dalam krim. Walaupun efeknya tidak permanen, namun tetap saja kontak krim dengan perhiasan berlian dapat membuat berlian menjadi berubah warnanya.

 Baca juga: 5.000 Orang Berkunjung Tiap Hari, Pantai May Bay Ditutup selama 4 Bulan

3. Jauhi dari kotoran dan minyak

Sebisa mungkin jangan sampai perhiasan berlian Anda terkena minyak dan kotoran yang berlebihan. Sebab hal ini bisa membuat batu berlian jadi mengendur, selalu pastikan letak batu berlian tertata di tempatnya. Jika mulai mengendur, segera temui ahli perhiasan untuk membenarkan posisi batu berlian yang kendur.

 Berlian (Reuters)

4. Tidak kasar saat membersihkan

Jika membersihkan perhiasan berlian sendiri di rumah, lakukan dengan gerakan pelan. Jangan kasar saat membersihkan batu berlian di perhiasan. Salah satu cara terbaik dalam membersihkan perhiasan berlian di rumah ialah dengan merendam perhiasan berlian di dalam campuran air dan sabun, selama semalaman baru setelah direndam semalaman, bilas keesokan paginya sambil digosok menggunakan kain halus yang bersih untuk mengusir kotoran yang tersangkut.

 Baca juga: Gemasnya, Anak Kuncing Bermata Bulat Sedang Ngempeng!

5. Bungkus dengan tisu

Tahukah Anda untuk penyimpanan, ternyata direkomendasikan untuk membungkus perhiasan berlian di dalam bungkusan tisu yang lembut terlebih dahulu sebelum disimpan. Fungsinya agar lembaran tisu ini menyerap kelembapan, sehingga bisa menghindari terjadinya perubahan warna batu berlian.

(rzy)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini