nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Yuk Kenalan Sama Jonathan, Kura-Kura Tertua di Dunia yang Umurnya 186 tahun

Tiara Putri, Jurnalis · Jum'at 25 Mei 2018 12:15 WIB
https: img.okeinfo.net content 2018 05 25 196 1902584 yuk-kenalan-sama-jonathan-kura-kura-tertua-di-dunia-yang-umurnya-186-tahun-7yQvbED36p.jpg Jonathan (Foto: Foxnews)

SEMUA makhluk hidup tentu memiliki perkiraan usia. Contohnya pada hewan seperti kura-kura. Hewan bercangkang itu diperkirakan bisa bertahan hidup selama 80-150 tahun. Malah hingga saat ini ada yang hidup sampai 186 tahun.

Kura-kura raksasa yang termasuk spesies Seychelles itu diberi nama Jonathan. Melansir Fox News, Jumat (25/5/2018), usia pasti kura-kura ini sebenarnya belum diketahui. Namun hewan itu tiba di Pulau St. Helena, tempatnya bermukim hingga sekarang, pada 1882 dan kala itu usianya diperkirakan 50 tahun.

 Baca juga: Pria Ini Nekat Berenang Melintasi Samudera Pasifik Selama 6 Bulan

Pemerintah setempat memutuskan tanggal 1 Januari sebagai hari ulang tahun Jonathan. Hewan berkaki empat itu dirawat sangat baik. Bahkan ia pernah pula dimandikan setelah sekian lama dibiarkan hidup bebas di sebuah area di pulau tersebut.

 

Tetapi sayang, karena pengaruh usia kesehatan Jonathan mulai menurun. Hewan ini mulai kehilangan penglihatan dan indera penciumannya. Namun, perawat tetap memberikannya diet sehat untuk mempertahankan kondisi kesehatan.

Jonathan biasanya mengonsumsi makanan berkalori tinggi seperti dari wortel, mentimun, selada, apel, pir, dan pisang. Makanan-makanan ini dipercaya dapat membantu Jonathan memiliki indera perasa yang kuat dan pendengaran yang sangat baik. Hal itu membuatnya memiliki kesempatan untuk hidup dengan baik.

 Baca juga: Dermawannya Pangeran Harry, Undang Anak Yatim Piatu yang Ditemuinya 14 Tahun Lalu

Bersama Jonathan hidup pula dua kura-kura raksasa lainnya. Mereka adalah Frederica dan Emily. Ketiganya seringkali mendapatkan kunjungan dari wisatawan yang merasa penasaran dengan rupa dan wujud mereka. Apakah Anda penasaran juga untuk melihatnya?

(dno)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini