nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Unik, Restoran Ini Sajikan Steak dengan Lelehan Keju Berwarna Hitam

Dimas Andhika Fikri, Jurnalis · Jum'at 25 Mei 2018 19:32 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2018 05 25 298 1902841 unik-restoran-ini-sajikan-steak-dengan-lelehan-keju-berwarna-hitam-rYCvTh3iZZ.jpg Willie Brothers (Foto: Instagram/Williebrothers)

INDUSTRI kuliner Tanah Air kembali menjadi perbincangan hangat di kalangan pencinta kuliner internasional. Kali ini bukan rendang atau nasi goreng yang menjadi topik utama, melainkan sebuah kreasi masakan yang baru saja diluncurkan oleh salah satu restoran steak ternama di Jakarta.

Ya, beberapa waktu lalu Willi Brothers Steak House yang terletak di kawasan Jakarta Barat, berhasil membuat olahan keju raclette dengan tekstur dan warna yang lain dari biasanya. Sekilas, warna yang ditampilkan tampak seperti lelehan cokelat berwarna hitam pekat.

Tapi jangan salah, hidangan tersebut ternyata terbuat dari keju raclette yang diolah dengan campuran arang aktif sehingga menghasilkan nuansa gelap. Meski bahan makanan tersebut sering digunakan sebagai salah satu bahan detoksifikasi pada makanan dan minuman, kreasi steak yang disuguhkan oleh Willie Brothers ini tentu menjadi sajian unik dan menarik untuk dicoba.

Uniknya, mereka menamakan hidangan tersebut dengan sebutan "venom cheese" (keju beracun). Untuk mencicipi satu porsi burger dengan lelehan venom cheese, Anda harus merogoh kocek sebesar Rp107 ribu, dan Rp199 ribu jika keju dijadikan sebagai topping steak. Dilansir dari Metro, Jumat (25/5/2018).

Namun, bagi Anda yang tertarik untuk mencoba membuat olahan steak sendiri di rumah, yuk intip 7 tips membuat daging steak jadi lembut & juicy di bawah ini.

1. Pilih bahan yang baik dan segar, agar aroma, tampilan hingga rasa steak menjadi lebih baik dan nikmat.

2. Pastikan bahan telah dibumbui/dimarinasi sesuai dengan karakteristik bahan yang akan dipanggang dengan waktu yang pas. Misal untuk ayam, sebaiknya dibumbui dan didiamkan dalam kulkas minimal 2 jam. Sedangkan untuk daging, baik sirloin, tenderloin, maupun rib eye hanya membutuhkan waktu 5-10 menit saja.

3. Panggang/bakar hanya sekali saja dibalik untuk menemukan kematangan (jangan dibolak-balik), agar citarasa steak yang nikmat bisa Anda dapatkan.

4. Untuk pemangganan ayam/ikan/maupun, saat akan dibalik, bisa dioleskan dengan bumbu perendamnya.

5. Panggang/bakar bahan dengan alat yang sudah dipanasi terlebih dahulu di atas api sedang.

6. Untuk daging sapi lokal, biasanya tekstur dagingnya lebih liat/keras dibanding daging sapi luar. Agar teksturnya lembut, tambahkan meat tenderizer (bubuk pengempuk daging) sebelum daging dipanggang.

7. Selain menggunakan bubuk pengempuk daging, daging dapat juga ditumbuk menggunakan alat pemukul/pelunak daging sebelum daging dibumbui.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini