nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Selain GWK Bali, Ini 5 Patung Raksasa di Dunia

Wikanto Arungbudoyo, Jurnalis · Jum'at 25 Mei 2018 15:30 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2018 05 25 406 1902651 selain-gwk-bali-ini-5-patung-raksasa-di-dunia-ObzyZNmwaC.jpg GWK (Koran Sindo)

PATUNG Garuda Wisnu Kencana (GWK) di Bali disebut-sebut akan menjadi salah satu patung tertinggi di dunia. Monumen yang digagas oleh seniman Bali Nyoman Nuarta bersama Menteri Pariwisata, Pos, dan Telekomunikasi era Orde Baru, Joop Ave, itu mulai dikerjakan sejak 1997 di Jimbaran yang ditandai dengan peletakan batu pertama.

Bertinggi 121 meter (m), patung GWK kelak akan menjadi patung raksasa kedua di dunia. GWK hanya kalah dari patung Spring Temple Buddha yang terletak di Lushan County, Provinsi Henan, China. Berikut daftar patung-patung raksasa di dunia, dihimpun dari Telegraph, Jumat (25/5/2018):

1. Spring Temple Buddha

 Spring Temple Buddha (SCMP)

Sampai saat ini, patung Spring Temple Buddha masih menjadi yang tertinggi di dunia. Dengan tinggi 153 m ini terlihat menjulang di Provinsi Henan, China. Spring Temple Buddha dibangun pada 2002 dengan menampilkan Wairocana Buddha atau bagian tubuh dari Siddharta Buddha Gautama yang diberkati.

2. Laykyun Sektyar

 Laykyun Setkyar (Royal Myanmar)

Patung Laykyun Sektyar ini akan segera digantikan posisinya oleh Garuda Wisnu Kencana di Bali, Indonesia, yang akan rampung pada Agustus 2018. Patung Buddha yang ada di Myanmar ini memiliki tinggi 130 m dan dibangun pada 2008.

3. Ushiku Daibutsu

Ushiku Daibutsu (Japanhoppers)

Patung Buddha lagi-lagi menjadi yang tertinggi di dunia. Patung Ushiku Daibutsu ini terletak di Ushiku, Prefektur Ibaraki, Jepang. Monumen setinggi 120 m itu selesai dibangun pada 1993. Yang menarik, otoritas setempat membangun elevator yang dapat membawa pengunjung hingga ketinggi 85 m.

4. Patung Kaisar Yan dan Huang

Kaisar Yan dan Huang (Telegraph)

Patung yang menampilkan wajah dua kaisar China, yakni Yan Di dan Huang Di, tersebut selesai dibangun pada 2007. Proses pembangunan patung setinggi 106 m itu berlangsung selama 20 tahun. Patung itu terletak di Zhengzhou, Provinsi Henan, China.

5. Peter yang agung

Peter the great (Telegraph)

Patung Peter yang Agung ini terletak di sisi barat dari Sungai Moskow dan Kanal Vodootvodny yang membelah Ibu Kota Rusia tersebut. Patung setinggi 98 m itu dirancang oleh arsitek asal Georgia bernama Zurab Tsereteli untuk memperingati 300 tahun terbentuknya Angkatan Laut Rusia yang diprakarsai oleh Peter yang Agung. Patung yang dibangun pada 1997 itu memiliki berat total 1.000 ton.

(rzy)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini