nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Meski Berat, Ini 5 Cara Kurangi Kebiasaan Makan Junk Food yang Bisa Turunkan Kesuburan

Dewi Kania, Jurnalis · Jum'at 25 Mei 2018 11:42 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2018 05 25 481 1902589 meski-berat-ini-5-cara-kurangi-kebiasaan-makan-junk-food-yang-bisa-turunkan-kesuburan-hpELjou5qe.jpg Ilustrasi (Foto: Eattoperform)

BILA sering konsumsi makanan cepat saji atau makanan proses bisa menurunkan tingkat kesuburan pada wanita. Karenanya, Anda harus coba mengontrol konsumsi makanan tersebut, meski rasanya cukup berat.

Sayangnya, di era sekarang seseorang justru dimanjakan dengan kebiasaan makan enak dan nikmat, tapi tidak memperhatikan nutrisinya. Mereka cenderung suka pergi ke restoran cepat saji hanya untuk menyantap burger dan kentang goreng, pizza, ayam goreng tepung dan nasi putih, dan beragam pilihan menu lainnya.

Begitu juga saat melakukan kegiatan berbelanja di supermarket. Umumnya, orang memilih aneka bahan proses seperti ikan kalengan, daging giling, frozen food dan sebagainya. Yang harus diperhatikan, Anda tidak harus membiasakan diri untuk mengonsumsi makanan tersebut. Ada cara-caranya yang bisa mengontrol kebiasaan buruk tersebut, dilansir Boldsky, Jumat (25/5/2018).

1. Berencana diet

Mungkin suatu sore Anda pergi bertemu teman di restoran cepat saji karena tak perlu merogoh kocek mahal, juga lokasinya strategis. Padahal Anda tergolong orang yang tak tahan godaan sajian menu cepat saji "membunuh". Atur diet dan tahan godaan itu meskipun sepele. Jangan gagalkan tujuan ingin punya berat badan ideal karena tidak akan menyiksa Anda di kemudian hari.

Baca Juga: Ingin Tampil Cantik dengan Harga Terjangkau saat Lebaran? Milenial Harus Lihat Koleksi Ini

2. Berbelanja makanan sehat

Pergilah berbelanja ke supermarket untuk membeli bahan sehat seperti beras merah, kacang, sayuran hijau, salad, kedelai, dan lainnya. Selalu sediakan makanan ini di rumah agar tetap membuat pola makan Anda tidak terganggu. Jangan beli produk kemasan, makanan kalengan, minuman kemasan, dan sebagainya. Nutrisi sehatnya sedikit dan malah Anda jadi terbiasa konsumsi makanan dengan pengawet.

Belanja Makanan Sehat

3. Bawa bekal makanan kemanapun pergi

Membawa bekal dari rumah disarankan daripada Anda harus jajan di luar atau makan di restoran cepat saji. Tapi makanan yang Anda bawa coba tempatkan di wadah yang aman. Pastikan bahwa wadah makanan Anda mengandung BPA Free. Hindari penggunaan plastik, kertas, sterofoam atau wadah lain yang berbahaya kandungan bahannya. Pastikan makanan Anda juga tidak cepat busuk

Baca Juga: Gemasnya, Anak Kucing Bermata Bulat Sedang Ngempeng!

4. Makan sumber protein cukup

Makanan sumber protein seperti telur dan daging ayam bisa mengeyangkan perut lebih tahan lama bila dikonsumsi setiap hari. Tapi cara mengolahnya harus tepat, jangan sering digoreng dengan minyak yang terlalu banyak. Di samping itu, mengonsumsi banyak sumber protein juga mudah dicerna, menyehatkan tubuh, serta ada manfaat lainnya.

Makanan Sumber Protein

5. Sering konsumsi buah-buahan

Buah-buahan seperti apel, pisang, jeruk, dan lainnya juga wajib dikonsumsi setiap hari. Manfaatkan buah tersebut untuk camilan sore yang bermanfaat. Buah sejatinya kaya kandungan antioksidan yang bisa menangkal radikal bebas. Ini juga cocok untuk meningkatkan kesuburan seseorang, sebelum usia 30 tahun.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini