nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

6 Tips Sederhana Menerapkan Pola Makan Sehat Selama Traveling

Dimas Andhika Fikri, Jurnalis · Sabtu 26 Mei 2018 13:30 WIB
https: img.okeinfo.net content 2018 05 26 481 1903050 6-tips-sederhana-menerapkan-pola-makan-sehat-selama-traveling-S8u4K4gsmU.jpg Ilustrasi (Foto: Indianexpress)

TIDAK dapat dipungiri bahwa makanan menjadi salah satu tujuan para wisatawan melakukan perjalanan jauh. Kegiatan makan-makan atau wisata kuliner memang tengah digandrungi mengingat makanan merupakan salah satu pengalaman universal dan produk budaya suatu daerah.

Namun jika hal ini tidak dilakukan secara hati-hati, kegiatan tersebut justru akan menjadi bumerang bagi Anda serta menghambat aktivitas wisata. Nah, untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, Anda bisa mengikuti 6 tips sederhana menerapkan pola makan sehat selama traveling di bawah ini. Dilansir dari Times of India, Sabtu (26/5/2018).

Bawa tumblr atau botol minum

Ini mungkin terdengar sedikit kuno dan kekanak-kanakan, tapi akan banyak manfaat yang bisa Anda dapatkan ketika membawa botol minum selama traveling. Selain menghemat pengeluaran, membawa botol minuman juga akan menghindari tubuh Anda dari dehidrasi saat mengunjungi tempat-tempat terpencil atau jauh dari keramaian. Sebaiknya, bawalah botol minum yang terbuat dari baja agar lebih awet dan tidak gampang rusak.

Bawa Air Minum

Hindari kafein dan minuman manis

Jika Anda melakukan perjalanan jauh menggunkan moda transportasi udara, sebaiknya hindari konsumsi kafein dan minuman manis karena dapat memicu dehidrasi. Kedua jenis minuman tersebut juga bisa menguras energi Anda selama berjam-jam.

Bawalah bekal makanan sehat

Penerbangan panjang yang diselingi dengan waktu transit tentu akan membuat Anda sering merasa lapar. Jadi, daripada membeli makanan berkalori tinggi seperti fast food, bawalah bekal makanan sehat seperti kacang atau buah kering dari rumah. Makanan ini mengandung serat yang dapat menimbulkan rasa kenyang lebih lama. Dampak positif lainnya, mengonsumsi makanan tersebut juga akan menghindari Anda dari makanan yang tidak sehat.

Bekal Sehat

Bawalah dark chocolate

Sebelum mengemas keperluan traveling, ingatlah untuk membawa beberapa batang dark chocolate untuk persediaan Anda selama perjalanan berlangsung. Meski rasanya tidak semanis olahan cokelat yang biasa Anda temukan di supermarket, makanan ini dapat meningkatkan metabolisme dan membantu Anda membakar lemak.

Baca Juga: Midnight Sale di Jakarta untuk Berburu Baju Lebaran, Catat Tanggalnya!

Hindari minuman beralkohol

Traveling adalah momen yang dinantikan oleh sebagian orang untuk melepas rasa penat dari rutinitas sehari-hari. Ini berarti Anda bebas melakukan berbagai hal, termasuk memanjakan diri dengan meminum beberapa gelas koktail di café atau bar di destinasi tujuan. Namun perlu diketahui bahwa minuman beralkohol umumnya mengandung banyak gula yang dapat memicu dehidrasi dan menguras energi Anda. Oleh karena itu, sebaiknya hindari minuman beralkohol selama traveling.

Stop Minum Miras

Baca Juga: 5 Kesalahan yang Dilakukan saat Keramas, Nomor 3 Paling Sering!

Minum teh herbal

Lupakan teh susu mewan yang sering ditawarkan oleh pihak hotel atau restoran-restoran lokal. Pilihlah teh herbal seperti teh jahe atau peppermint karena berkhasiat memperlancar pencernaan dan juga menghilangkan stres.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini