nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Cegah Iritasi, Ini 8 Bahan Alami untuk Jaga Miss V Tetap Bersih dan Sehat

Lidya Julita Sembiring, Jurnalis · Senin 28 Mei 2018 00:05 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2018 05 26 481 1903094 cegah-iritasi-ini-8-bahan-alami-untuk-jaga-miss-v-tetap-bersih-dan-sehat-O0NBwGdv2n.jpg Ilustrasi (Foto: Gurl)

WANITA sangat menjaga kulitnya agar tetap lembut, bersinar dan sehat dengan berbagai perawatan. Hal ini dilakukan karena bagi wanita mempunyai kulit yang bersih dan sehat sangat penting untuk menunjang penampilan dan menambah kepercayaan dirinya.

Tapi wanita terkadang lupa bahwa menjaga kebersihan tidak hanya kulit dan wajah yang terlihat dari luar saja, namun juga perlu menjaga bagian tubuh yang tidak terlihat seperti Miss V.

Seperti bagian lain dari tubuh kita, penting juga untuk menjaga daerah Miss V bersih dan sehat serta jauh dari infeksi. Infeksi di daerah Miss V harus dianggap serius, karena ini dapat menyebabkan masalah kesehatan lebih lanjut.

Ada beberapa alasan yang menyebabkan iritasi dan infeksi di daerah Miss V yang mungkin disebabkan karena menstruasi, antibiotik, pembalut dan juga karena terlalu banyak asupan gula dalam diet Anda. Juga, itu bisa terjadi karena perubahan iklim.

Apapun alasannya, kita sudah pasti membutuhkan beberapa solusi, karena kulit di sekitar Miss V sangat sensitif, jadi dianjurkan untuk menggunakan pembersih buatan sendiri daripada membeli produk siap pakai.

Dilansir dari Boldsky, da beberapa bahan alami yang bisa Anda gunakan untuk menjaga daerah Miss V tetap sehat dan bersih.

Yogurt

Yogurt bekerja efektif untuk menjaga Miss V bersih dan bebas bakteri. Yogurt juga membantu mengobati segala jenis infeksi di daerah Miss V. Yang perlu Anda lakukan adalah mengambil yogurt segar yang tidak bercitarasa lalu menerapkannya langsung pada Miss V dan biarkan selama satu jam. Setelah 1 jam, cucilah menggunakan air biasa. Ini dapat digunakan tidak hanya untuk membasuh tetapi juga dapat membantu menyingkirkan bau tak sedap di daerah miss V.

Yoghurt

Gel Lidah Buaya

Gel lidah buaya dikenal karena punya khasiat menenangkan dan melembabkan kulit. Jika Anda memiliki kulit kering di sekitar miss V, maka menggunakan lidah buaya akan memberi Anda hasil yang bagus.

Ambil daun lidah buaya segar. Potong dan ambil gel dari dalamnya. Encerkan gel dalam ½ cangkir air. Basuhlah daerah miss V dengan lembut dengan larutan ini dan terakhir, cucilah dengan air hangat. Pastikan Anda menggunakan gel lidah buaya segar daripada gel lidah buaya yang sudah jadi. Ini karena, kulit di sekitar area miss V cukup sensitif.

Cuka putih

Cuka putih dapat digunakan untuk menghilangkan bau tak sedap di daerah miss V serta menjaga kulit Anda bersih dan segar. Ini tidak beracun dan aman dari segala jenis ruam. Ambil satu sendok makan cuka putih dan encerkan dengan 1 cangkir air. Basuhkan ini di sekitar area miss V dan bilas dengan air biasa setelah itu. Anda dapat mengulang ini sekali dalam seminggu.

Cuka Putih

Daun Lemon

Daun lemon adalah antibiotik dan anti-alergi. Bersamaan dengan itu juga membantu menyingkirkan bau tak sedap miss V, dan juga membantu menjaga keseimbangan pH kulit di sekitar area miss V. Yang Anda butuhkan untuk obat ini adalah beberapa daun lemon. Rebus beberapa daun lemon dalam secangkir air. Setelahnya, cuci miss V Anda dengan larutan ini.

Baca Juga: 5 Kesalahan yang Dilakukan saat Keramas, Nomor 3 Paling Sering!

Bubuk soda kue

Soda kue juga membantu menyeimbangkan tingkat pH kulit di sekitar miss V. Tambahkan ½ cangkir soda kue ke dalam ember penuh air mandi Anda. Aduk dengan merata dan mandilah dengan air tersebut. Pastikan Anda tidak menambahkan terlalu banyak soda kue, karena dapat menyebabkan iritasi atau sensasi terbakar.

Baking Soda

Cuka sari apel

Pencuci miss V alami lainnya yang dapat Anda gunakan adalah cuka sari apel. Yang harus Anda lakukan adalah menambahkan beberapa tetes cuka ke bathup. Rendam diri selama 15 menit dan biarkan cuka melakukan tugasnya untuk membersihkan miss V Anda. Cuka sari apel juga membantu mengembalikan kualitas asam dari flora vagina.

Baca Juga: Midnight Sale di Jakarta untuk Berburu Baju Lebaran, Catat Tanggalnya!

Minyak pohon teh

Sabun pencuci miss V juga dapat dilakukan dengan bantuan minyak pohon teh. Pertama, celupkan tampon ke dalam beberapa minyak zaitun. Setelah itu, celupkan ke dalam minyak pohon teh dan siramkan ke miss V Anda. Biarkan di sana setidaknya selama satu jam untuk membantu menjaga agar bagian kewanitaan Anda tetap bersih.

Minyak Chamomile

Minyak chamomile juga bisa digunakan untuk menyingkirkan bau tak sedap miss V. Caranya tambhakan satu tetes minyak ini ke dalam dua cangkir air, kemudian gunakan untuk mencuci area sensitif Anda.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini