nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Untuk Hijabers Pemula, Ini Tips Memilih Hijab biar Tetap Istiqomah

Lidya Julita Sembiring, Jurnalis · Senin 28 Mei 2018 21:17 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2018 05 28 194 1903914 untuk-hijabers-pemula-ini-tips-memilih-hijab-biar-tetap-istiqomah-OxQVCR97ib.jpg Ilustrasi hijab (Foto: Shutterstock)

SETIAP tahun sudah semakin banyak wanita yang mantap menutup aurat dengan berhijab. Keputusan itu merupakan kewajiban yang memang harus dilakukan setiap umat muslim.

Keputusan berhijab setiap wanita juga berbeda-beda. Ada yang sudah dapat hidayah dari kecil hingga saat sekolah atau ada yang saat pulang dari tanah suci atau saat bulan Ramadan seperti saat ini. Namun ada juga yang memutuskan berhijab setelah menikah dan punya anak.

Pertama kali memutuskan menjalankan kewajiban berhijab pastinya mempunyai kendala tersendiri, seperti kesulitan memakai dan memilih bahan yang nyaman untuk dipakai seharian.

Untuk itu, Desainer Busana Muslim Indonesia Vivi Zubedi menjelaskan, apa saja yang perlu diperhatikan oleh pemula dalam memakai hijab.

 (Baca Juga: Turun Takhta demi Janda hingga Anak Haram, Ini 4 Skandal Menghebohkan Royal Wedding)

"Pertama-tama pasti bagi pemula memperhatikan kenyaman (bahan) ya, yang tadinya tidak berhijab dan tiba-tiba berhijab maka otomatis negarasain panas, dan ada perasaan-perasaan enggak nyaman," ungkapnya di Mall Kota Kasabalanka.

 

Pemula tentunya masih harus beradaptasi saat memakai hijab. Karena akan menutup smeua penampilan yang tadinya terbuka. Dengan demikian ada bebetapa faktor yang harus menjadi perhatian khusus untuk bahan hijab agar tidak panas.

"Nah faktor pertama yang perlu diperhatikan carilah bahan yang nyaman sehingga ketika berhijab enggak ngerasa gerah, enggak berasa ketidaknyamanan itu dobel-dobel. Pilihlan bahan katun, voal, crepe, itu cocok untuk cuaca asia," jelasnya.

Vivi menjelaskan memilih bahan sangat mudah karena sudah banyak ditemukan di pasaran. Selain bahan, pemula juga perlu memperhatikan desainnya. Jangan memilih kerudung yang ribet karena akan menyusahkan diri sendiri. Pilihlah kerudung yang simpel apalagi belum pernah menggunakannya sebelumnya.

"Lalu ketika berhijab pakailah sesimpel mungkin agar enggak ribet memakai hijabnya sendiri. Jadi bahan yang nyaman, serta pemakaian hijab yang tidak ribet lalu alternatif untuk produk-produk instan seperti kerudung instan itu akan sangat berguna bagi pemula," tegas Vivi.

Untuk kerudung simpel ini juga sudah banyak ditemukan di pasaran guna mendukung wanita Indonesia yang baru belajar berhijab.

 (Baca Juga: Midnight Sale di Jakarta untuk Berburu Baju Lebaran, Catat Tanggalnya!)

"Sekarang itu produk-produk lokal yang inovatif sekali banyak. Jadi yang kayak kerudung instan tinggal pakai, baju gamis juga udah two pieces yang kelihatan seperti top and bottom, padahal itu dress gtu."

"Jadi sebenarnya produk-produk yang inovatif yang sekarang ini kita sebagai produsen create itu bisa dijadikan alternatif yang baik bagi pemula, karena sekarang semua sudah serba instan. Kerudung instan, pakaian instan seperti gamis, abaya yang tadinya kita pikir two pieces taunya instan, udah sekali pakai," tukas dia.

(dno)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini