Bingung Perabotan Rumah Banyak yang Kotor? Ini Trik Cerdas Membersihkannya!

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Senin 28 Mei 2018 11:21 WIB
https: img.okezone.com content 2018 05 28 196 1903582 bingung-perabotan-rumah-banyak-yang-kotor-ini-trik-cerdas-membersihkannya-NCidschG2L.jpg Membersihkan Rumah (Khoobsurati)

MEMILIKI perabotan rumah yang bersih dan higienis tentunya harapan bagi semua orang. Jika barang-barang tersebut bersih, tentunya membawa dampak baik bagi kesehatan tubuh.

Di rumah kita, beberapa perabotan dianggap belum kotor jika belum berubah warna atau terlalu berdebu. Padahal, pernyataan tersebut sangat keliru dan ini berisiko menimbun bakteri dan kuman yang semakin besar. Nggak mau kan hal ini terjadi?

Nah, berikut ini Okezone bakal memberikan beberapa tips mudah dan sederhana dalam membersihkan sekaligus merawat perabotan rumah. Dilansir dari Buzzfeed, berikut tipsnya:

 Baca juga: Terungkap 6 Item Fashion Ini yang Paling Dibenci Orang Inggris, Salah Satunya yang Kini Kembali Ngetren!

1. Membersihkan microwave

 Bersihkan Alat Rumah Tangga (Buzzfeed)

Salah satu perabotan rumah yang mungkin jarang dibersihkan adalah microwave. Alat ini dianggap bersih-bersih saja karena setiap makanan yang dimasukan ke dalamnya, pasti dengan wadah yang bersih juga. Jadi, tidak ada kontak langsung dengan microwave-nya. Tapi, siapa sangka, microwave ternyata penimbun kuman yang cukup banyak juga! Alhasil, pembersihan secara rutin pun perlu dilakukan.

Salah satunya adalah dengan memasukan sponge basah ke dalamnya. Kemudian, Anda diamkan selama kurang lebih satu menit. Cara ini dianggap ampuh membunuh 99,9% bakteri di dalam microwave.

Baca juga: Midnight Sale di Jakarta untuk Berburu Baju Lebaran, Catat Tanggalnya!

Selanjutnya, untuk memberikan aroma yang segar dan sehat, Anda bisa mendiamkan semangkuk lemon dan air bersih di dalam microwave. Diamkan selama kurang lebih 5 menit setelah proses pembersihan dilakukan.

2. Sponge cuci piring

 Bersihkan Alat Rumah Tangga (Buzzfeed)

Jangan pernah sepelekan alat cuci yang satu ini. Sponge yang memiliki sifat menyerap segalanya, ternyata menjadi tempat bersarangnya kuman dan bakteri. Untuk meminimalisir terjadinya masalah ini, Anda mesti memisahkan sponge dengan sabun pencuci piring setiap harinya setelah aktivitas cuci piring selesai.

Pastikan sponge selalu dalam keadaan kering setelah alat ini digunakan seharian. Ini memungkinkan untuk tidak terjadinya penumpukan kuman dan bakteri. Tidak mau kan piring atau gelasnya malah terpapar kuman karena spongenya ternyata kotor?

 Baca juga: Cek Sepatu dan Sandal Trendi Ini untuk Lengkapi Busana Lebaran Kamu

3. Membersihkan kulkas

 Bersihkan Alat Rumah Tangga (Buzzfeed)

Hayo, masih ingat kapan terakhir membersihkan kulkas? Alat elektronik ini ternyata perlu dibersihkan minimal seminggu sekali, lho! Sebab, kotoran yang menempel pada skat-skat akan menjadi sarang penyebar kotoran ke makanan Anda di dalam kulkas.

Cara membersihkannya adalah dengan mengangkat semua skat-skat dan mulai membersihkannya dengan air hangat! Kemudian, pastikan sabun pembersihnya tidak meninggalkan bekas.

Nah, untuk memaksimalkan pembersihan, setelah "dikuras", Anda bisa selipkan arang aktif di dalam kulkas. Ini berfungsi untuk menyerap aroma kurang sedap dan tentunya menyerap kuman yang mungkin masih ada di dalam kulkas.

4. Membersihkan shower

Bersihkan Alat Rumah Tangga (Buzzfeed)

Duh! Ini juga kadang luput dari perhatian Anda. Shower di kamar mandi ternyata perlu dibersihkan, lho! Sebab, segala karat yang ada di sana akan menentukan kualitas air yang Anda gunakan. Ew! Kebayang kan ternyata Anda mandi dengan air yang kotor?

Baca juga: Orgasme lewat Sentuhan di Puting, Ini Penjelasan Ahli

Nah, untuk membersihkan shower, Anda bisa melakukannya dengan merendam shower dengan cuka dan baking soda. Diamkan selama semalam suntuk dan saat pagi hari, Anda sudah bisa mendapatkan kualitas air yang bersih lagi. Mudah bukan?

5. Membersihkan bantal dan kasur

Bersihkan Alat Rumah Tangga (Buzzfeed)

Siapa bilang bantal hanya perlu dijemur untuk membersihkannya? Bantal yang Anda gunakan setiap hari ternyata menjadi sarang kotoran juga! Di sana, hidup kutu, bakteri, sel kulit mati yang lepas dari wajah, dan masih banyak lagi. Maka dari itu, sangat disarankan untuk membersihkan bantal sebulan sekali. Caranya mudah, cuci dengan air hangat dan tambahkan sedikit deterjen ke dalamnya. Pastikan proses pengeringannya sempurna agar bantal tidak menjadi lembab dan malah membuat Anda bermasalah.

Kemudian, kasur pun demikian. Kasur mesti dibersihkan minimal sebulan sekali. Ini memastikan agar tidak ada kutu dan bakteri yang hidup sehat di kasur Anda. Untuk membersihkannya, Anda bisa menaburkan baking soda ke atas kasur, diamkan beberapa jam, lalu bersihkan kembali. Tidak sulit kan untuk memiliki kasur yang bersih?

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini