Cegah Gigi Anak Berlubang Gampang-Gampang Susah, Ini 5 Triknya Moms!

Dewi Kania, Jurnalis · Senin 28 Mei 2018 15:07 WIB
https: img.okezone.com content 2018 05 28 481 1903647 cegah-gigi-anak-berlubang-gampang-gampang-susah-ini-5-triknya-moms-ZJoPmMbirL.jpg Ilustrasi (Foto: Covedental)

MENJAGA kesehatan mulut anak terbilang gampang-gampang susah ya, Moms! Apalagi saat mencegah giginya supaya tidak berlubang. Anda harus telaten mengingatkan mereka supaya tidak malas gosok gigi.

Agar mereka terbiasa mudah menjaga kebersihan gigi dan mulut, sebaiknya sejak kecil dibiasakan. Terlebih, saat usia mereka masih bayi karena sudah mengenal berbagai makanan yang masuk ke rongga mulut.

Jika kebiasaan ini selalu dilaksanakan hingga dewasa, anak-anak terbebas dari penyakit yang bersarang di bagian rongga mulut. Tapi sayang, beberapa orangtua banyak memiliki kendala saat mengajak si kecil supaya tidak malas gosok gigi atau sekedar berkumur usai makan.

Dilansir Thehealthsite, Senin (28/5/2018), Kepala Departemen Gigi Dr Prasad Meka dari Rumah Sakit KIMS akan membantu orangtua memahami kiat perawatan gigi dasar untuk anak usia bayi hingga sekolah. Berikut triknya yang bisa Anda ikuti dan ajak si kecil untuk rajin menggosok gigi.

1. Jagalah kesehatan gigi si kecil sejak usia bayi

Meski nampaknya hanya ASI yang masuk ke rongga mulut dan mereka kondisinya belum punya gigi lengkap, tapi tetap saja mudah mengalami gangguan penyakit. Gigi anak di usia bayi berperan penting dalam membantu anak Anda mudah menggigit dan mengunyah makanan, hingga berbicara dengan jelas.

2. Biasakan anak-anak untuk menyikat gigi dua kali sehari

Anak-anak harus diajarkan untuk rajin sikat gigi, terutama saat pagi dan malam hari. Tahukah Anda, meski cara ini sederhana tapi tergolong bermanfaat. Kegiatan sikat gigi sama dengan membersihkan rongga mulut, serta menghilangkan lapisan plak lengket, yang mengandung bakteri berbahaya hingga menyebabkan kerusakan gigi.

Ajarkan anak sikat gigi

3. Setiap 6 bulan sekali pergi ke dokter gigi

Supaya anak-anak tidak takut atau trauma dengan dokter gigi di usia dewasa kelak, setiap 6 bulan sekali Anda harus rajin mengantarkan si kecil untuk ke dokter gigi. Pastikan giginya tidak memiliki masalah sedikit dan pencegahan penyakit yang menyerang rongga mulut pun bisa dicegah. Jangan cuma ajak anak ke dokter gigi hanya sekedar untuk mencabut gigi atau mengatasi masalah gigi berlubang, yang membuat mereka tidak nyaman.

Baca juga: 6 Gaun Pengantin Paling Ikonik Sepanjang Masa

4. Hindari makanan serba manis

Anak-anak pasti suka dengan aneka jenis makanan manis, seperti susu, kue, roti, permen, agar-agar, es krim dan sebagainya. Kurangi kebiasaan makan itu, sebab makanan manis mudah lengket di gigi dan menyisakan gigi membusuk. Perlahan-lahan, mungkin gigi anak mudah patah dan mengalami masalah lainnya, seperti bau mulut.

Makanan manis

Baca juga: Turun Takhta demi Janda hingga Anak Haram, Ini 4 Skandal Menghebohkan Royal Wedding

5. Pakai pasta gigi mengandung fluoride

Terjadinya gigi berlubang dapat dicegah oleh pasta gigi fluoride. Pasta gigi tersebut dapat menghambat hilangnya mineral dari enamel gigi. Selain itu, fluoride juga mempengaruhi bakteri yang menyebabkan gigi berlubang karena menghambat serangan asam pada gigi.

Bila anak-anak tidak diajarkan untuk menjaga kesehatan gigi dan rongga mulut sejak dini, mereka akan memiliki karies sejak usia dini. Karies didefinisikan sebagai adanya satu atau lebih bagian permukaan gigi yang hilang.

Karies merajalela dan cepat membengkak, yang mengakibatkan gigi rusak. Oleh karenanya, anak-anak harus mencegah kejadian ini supaya tidak berujung fatal hingga dewasa kelak.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini