nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Waspadai Berikan Jus Buah ke Anak saat Sarapan, Ini Akibatnya!

Wikanto Arungbudoyo, Jurnalis · Senin 28 Mei 2018 14:01 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2018 05 28 481 1903664 waspadai-berikan-jus-buah-ke-anak-saat-sarapan-ini-akibatnya-k1jf0b5G3G.jpg Jus buah (NDTV)

JIKA Anda sering memberi minum jus buah untuk si buah hati di pagi hari, ada baiknya perhatikan hasil studi dari Medical University of Vienna, Austria. Sebab, menurut penelitian tersebut, anak-anak yang rutin meminum jus buah saat sarapan cenderung mengalami kelebihan berat badan hingga obesitas.

Jus buah sering dianggap sebagai pilihan yang sehat di pagi hari. Akan tetapi, kini jus buah disorot karena adanya kandungan gula dan dampak yang buruk bagi kesehatan anak-anak. Para peneliti justru menyarankan agar orangtua mengganti jus dengan buah untuk sarapan.

 Baca juga: Tiruskan Pipi Chubby dalam 10 Hari dengan Cara Ini

Jus Buah

Melansir dari Independent, Senin (28/5/2018), berdasarkan penelitian, anak-anak yang minum jus jeruk atau apel saat sarapan punya kecenderungan 50% mengalami obesitas. Sebaliknya, anak-anak yang hanya minum air putih, risiko untuk obesitasnya menurun hingga 40%.

Penelitian tersebut dilakukan kepada 652 orang anak-anak dengan usia 13 tahun. Hasilnya, mereka yang meminum jus buah saat sarapan lebih dari tiga kali seminggu, punya kecenderungan 50% mengalami kelebihan berat badan.

 Baca juga: Midnight Sale di Jakarta untuk Berburu Baju Lebaran, Catat Tanggalnya!

Kendati demikian, para peneliti meminta agar hasil tersebut tidak ditelan mentah-mentah oleh orangtua. Penelitian dimaksudkan agar orangtua lebih sadar akan bahaya kandungan gula yang berlebih dalam segelas jus buah.

 Jus Buah

“Kami sangat berkomitmen untuk mempromosikan manfaat dari jus buah karena mengandung vitamin dan mineral, bahkan lebih banyak serat. Tetapi, ada kecenderungan meminum jus buah dalam jumlah yang banyak karena lebih mudah. Padahal, tidak terlalu banyak manfaatnya,” ujar juru bicara Asosiasi Diet Inggris (BDA), Aisling Pigott.

Alih-alih mengurangi minum jus buah, Pigott menyarankan agar orangtua memberi anaknya buah dalam bentuk utuh. Jika tetap ingin memberi jus, ia menyarankan agar jus buah cukup disajikan seperempat bagian gelas saat dituang dan sisanya adalah air. Untuk anak yang beranjak remaja, rasionya bisa setengah gelas untuk jus, setengahnya lagi air putih.

(rzy)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini