Lebaran 2018, Tren Busana Kaftan Mulai Tergerus Gamis dan Abaya

Lidya Julita Sembiring, Jurnalis · Selasa 29 Mei 2018 11:03 WIB
https: img.okezone.com content 2018 05 29 194 1904038 lebaran-2018-tren-busana-kaftan-mulai-tergerus-gamis-dan-abaya-9XxnPydD9x.jpg Gamis (Cosmopolitan)

MEMASUKI minggu ketiga bulan Ramadan sudah muali terlihat kesibukan umat muslim untuk memyambut hari kemenangan. Untuk hari raya Idul Fitri pastinya sudah pasti banyak hang harus dipersiapkan, salah satunya adalah pakaian. Baju baru seolah menjadi barang wajib yang harus ada saat Lebaran, apalagi bagi wanita.

Maklum, setiap wanita pasti ingin tampil cantik di hari lebaran. Lalu busana lebaran apakah yang akan diminati pada tahun ini? Apakah kaftan masih akan menjadi pilihan utama para wanita?

Baca juga: Bangun Pagi Paling Cocok Minum 5 Minuman Ini, Ampuh untuk Detoks

Seperti diketahui, tahun-tahun sebelumnya, salah satu busana yang paling banyak dikenakan wanita saat Lebaran adalah kaftan. Busana asal Maroko ini kian digemari untuk mempercantik penampilan di hari spesial karena desainnya yang simpel dan elegan.

Menanggapai hal ini, Desainer Busana Muslim Indonesia Vivi Zubedi mengatakan, untuk tahun ini, busana kaftan tidak akan booming lagi di tahun ini seperti tahun sebelumnya.

 Baca juga: Mau Punya Baju Renang Bergambar Pangeran Harry dan Meghan Markle? Harganya Rp700 Ribu

Desainer Vivi Zubedi (Lidya/Okezone)

"Sepertinya kaftan sudah mulai tergerus dengan dress, gamis, abaya, karena kaftan itu sendiri, bagi kita yang muslim itu sedkit repot kecuali kaftan muslim," ungkapnya di Mall Kota Kasabalanka.

Menurutnya, kaftan mulai ditinggalkan karena menggunakan lengan pendek. Adapun kaftan yang diminati yang sudah dimodifikasi untuk muslim dengan lengan panjang sehingga tidak memerlukan manset dalam pemakaiannya.

"Itu sudah mulai banyak potongan-potongan kaftan tapi mereka bikin potongan muslimnya. Karena kan kaftan pada dasarnya itu seperti potongan daster dengan lengan pendek dan kita (berhijab) harus pakai manset, dan itu sudah ketinggalan zaman," jelasnya.

 Baca juga: Enggak Nyangka, Pria Ini Masih Hidup Setelah 7 Kali Disambar Petir

Abaya (Fashionmama)

Manset dinilai sudah tidak tren lagi, apalagi jika sedang terburu-buru atau tidak memiliki manset sesuai dengan warna kaftan maka mengurangi keindahannya.

"Orang-orang kita sudah mulai menghindari manset, sehingga dari itu desainer-desainer lokal, produk-produk lokal sakrang sudah mulai inovatif, mereka bikin kaftan muslim dan itu ujung-ujungnya namanya gamis," tukas dia.

(rzy)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini