nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Reporter Wanita Ini Terancam Dipecat karena Bilang Kamu Tampan, Kok Bisa?

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Selasa 29 Mei 2018 17:47 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2018 05 29 196 1904131 reporter-wanita-ini-terancam-dipecat-karena-bilang-kamu-tampan-kok-bisa-3sLKiKAJGX.jpg Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

APA yang ada di benak Anda ketika ada orang lain memuji penampilan Anda? Bahagia? Tersanjung? Atau biasa saja? Mungkin bagi sebagian orang, pujian dianggap sesuatu yang baik. Memuji seseorang dapat membuat hati orang lain bahagia.

Tapi ternyata itu tidak berlaku di Kuwait, khususnya bagi mereka yang berbeda jenis kelamin. Kasus ini terbukti setelah muncul kabar di mana seorang presenter perempuan dianggap menggoda seorang laki-laki di televisi nasional Kuwait.

Dilansir dari Oddity Central, kejadian itu terjadi ketika Basima al-Shammar, yang merupakan pembawa berita di Kuwait TV, sedang meliput pemilihan pemimpin kota madya Kuwait akhir pekan lalu. Ketika itu, dia dianggap membuat kesalahan dengan bercanda pada seorang koresponden laki-laki saat siaran langsung.

Baca Juga: Kabar Duka, Desainer Kebaya Marga Alam Meninggal Dunia Akibat Diabetes

(Foto: odditycentral)

Dalam sebuah video yang kini viral, Al-Shammar dengan jelas mengatakan sebuah kalimat pada rekan prianya yang membuat nasib pekerjaannya kini ditangguhkan.

Di video itu, Al-Shammar mengomentari rekan reporternya di lapangan yang sudah terlihat tampan di televisi. Di dunia Barat, ini akan berlalu sebagai pujian sederhana, tetapi di Kuwait, itu dianggap sebagai godaan yang tidak layak diucapkan seorang perempuan kepada pria.

"Nawaf, Anda tidak perlu menyesuaikan ghutra Anda, Anda sudah tampan". Kalimat ini yang kemudian menjadi perdebatan publik Kuwait sekarang. Ini adalah frasa yang terdengar tidak berdosa, tetapi menjadi tidak sopan di media sosial Arab dan mengecewakan banyak politisi Kuwait.

Baca Juga: Sst.. Jangan Gunakan Tangan untuk Mengolah Burger Biar Lezat

Beberapa dari mereka, sebut saja Menteri Penerangan Mohammad Al Hayef, setelah mendengar kasus ini dan melihatnya langsung, Al Hayef langsung menghubungi pihak Kementerian Penerangan yang memegang kendali pada Kuwait TV, untuk mengambil tindakan terhadap Al-Shammar. Al Hayef dengan tegas menjelaskan bahwa ungkapan seperti itu seharusnya tidak bisa ditoleransi!

Namun, di sisi lain Al-Shammar melakukan pembelaan. "Apa yang terjadi bukanlah lelucon atau sesuatu yang lain," kata Basima al-Shammar mengatakan kepada Al-Arabiya.

"Sudah diketahui dengan baik bahwa kebiasaan komunikasi di Kuwait adalah bahwa ketika Anda melihat seseorang menyesuaikan pakaiannya, Anda katakan padanya: Anda terlihat bagus atau tampan," jelas dia.

(Foto: Youtube)

"Itulah yang saya katakan kepada rekan pria saya bahwa Anda tidak perlu menyesuaikan pakaian kepala Anda, Anda terlihat tampan, artinya pakaian Anda terlihat bagus dan Anda dalam kondisi yang baik. Kami menunggu Anda untuk melaporkan berita," sambungnya.

Meski pun pernyataan Al-Shammar telah diketahui publik, Kementerian Informasi untuk sementara waktu menghentikan pekerjaan Al Shammar dan melakukan penyelidikan untuk menentukan apakah dia menggoda atau tidak.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini