4 Artis yang Rayakan Waisak, Ada Orlando Bloom Lho

Lidya Julita Sembiring, Jurnalis · Selasa 29 Mei 2018 23:09 WIB
https: img.okezone.com content 2018 05 29 196 1904215 4-artis-yang-rayakan-waisak-ada-orlando-bloom-lho-YtJlPkDfZV.jpg Orlando Bloom. (Foto: Reuters)

HARI ini, umat Buddha di seluruh dunia merayakan hari raya Waisak. Di mana hari raya Waisak juga dikenal dengan nama Visakah Puja atau Buddha Purnima di India, Saga Dawa di Tibet, Vesak di Malaysia, dan Singapura, Visakha Bucha di Thailand, dan Vesak di Sri Lanka.

Perayaan yang dilakukan oleh umat Buddha ini untuk memperingati tiga peristiwa penting atau yang sering disebut sebagai Trisuci Waisak.

Adapun yang dirayakan adalah kelahiran pangeran Siddharta, lalu Pangeran Siddharta mencapai Penerangan Agung dan menjadi Buddha dengan memutuskan meninggalkan kesenangan duniawi, dan yang ketiga adalah Pangeran Siddhaarta meninggal dunia.

Perayaan hari raya Waisak ini juga diperingati oleh beberapa artis yang menganut agama Buddha. Dari penulusuran Okezone, berikut artis yang merayakan hari Waisak:

Baca Juga: 10 Tempat Wisata Api Abadi, Setengahnya Ada di Indonesia Loh

1. Roy Kiyoshi


Roy Kiyoshi saat ini sudah tidak asing lagi di jagat hiburan Indonesia. Namanya saat ini sedang naik daun dan dikenal sejak membawakan sebuah acara fenomenal yang tayang di salah satu televisi swasta.

Pria yang seorang indigo sejak kecil ini ternyata menganut agama Buddha. Dia juga bahkan mempunyai aula khusus untuk berdoa di rumahnya. selain itu, aula tersebut juga bisa digunakan oleh penganut agama Buddha lainnya yang ingin berdoa.

Baca Juga: Gaun Pengantin KW Meghan Markle Disewakan dengan Harga Rp20,7 Juta, Tertarik?

2. Fendy Chow

Fandy Chow adalah seorang pemain sinetron dan FTV Indonesia yang sering melintas di layar kaca merupakan seorang keturunan Tionghoa. Dengan demikian, Fendy juga menganut agama Buddha sejak ia lahir. Setiap tahunnya ia juga merayakan hari Waisak bersama dengan keluarganya.

Suami dari Stella Cornelia ini, mulai aktif di dunia hiburan sejak tahun 2003 lalu. Tapi ia mulai dikenal sejak bermain di sinetron Melati untuk Marvel bersama dengan Chealsea Olivia dan Rezky Aditya.

3. Dewi Lestari

Penulis Buku best seller Dewi Lestari atau yang sering di sapa dengan dee tersebut telah menganut ajaran Buddha sejak lama. Dia juga menyebutkan pindah ke agama Buddha karena keinginannya sendiri dan tanpa paksaan.

Awal mula dirinya berpindah keyakinan juga karena memiliki pemikiran yang terbuka, serta proses belajar dan yang dialami dalam tiga fase yang membuatnya melepas label agama yang dianutnya saat itu.

Setiap tahunnya, Dewi juga tidak pernah lupa merayakan hari raya Waisak. Tak terkecuali pada perayaan hari ini, Dewi juga tak lupa memberikan ucapan selamat hari raya Waisak pada media sosial Instagramnya.

"Setiap pikiran memiliki arti. Mari buat dunia ini sedikit lebih baik dari hari ke hari. Sabbe satta bhavantu sukhitatta. Semoga semua makhluk hidup berbahagia. Selamat Hari Raya Waisak 2562 BE. Dari kami sekeluarga. #Waisak2018," tulis Dewi.

4. Orlando Bloom

(Foto: Reuters)

Orlando Bloom ternyata seseorang yang menganut agama Buddha seperti dilansir dari profilenya di Beliefnet. Pada tahun 2004, aktor yang terkenal sejak perannya dalam film "The Lord of the Rings" and "Pirates of the Caribbean mulai menjadi anggota penuh Soka Gakkai International, sebuah asosiasi awam berbasis Buddhis Nichiren.

Bersama dengan 60 orang lainnya, konversi resminya menjadi Buddha terjadi di Taplow Court Mansion di Maidenhead, Inggris.

1
4

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini