nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Terik Sinar Matahari Ternyata Sebabkan Kanker Kulit! Ini Faktanya

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Selasa 29 Mei 2018 11:33 WIB
https: img.okeinfo.net content 2018 05 29 481 1904044 terik-sinar-matahari-ternyata-sebabkan-kanker-kulit-ini-faktanya-kOrSoNkeP0.jpg Matahari (Netdna)

KULIT merupakan salah satu bagian yang paling penting dalam tubuh. Kulit dapat mempercantik sekaligus memperindah tampilan seseorang. Memiliki kulit yang indah tentu merupakan dambaan setiap orang. Namun, perawatan yang salah justru malah akan membahayakan Anda.

Penyakit yang paling sering dialami adalah kanker kulit. Melansir dari Future-mag, Selasa (29/5/2018), Okezone akan membahas mengenai lima fakta mengejutkan mengenai kanker kulit.

 Baca juga: Potret Meghan Markle dari Tahun ke Tahun, Tebak Apa yang Berubah?

1.Anda bisa mengalami melanoma pada mata

Mulai dari sekarang Anda harusnya mengetahui tentang betapa pentingnya menggunakan kacamata hitam. Sengatan matahari yang cukup terik dapat menyebabkan kanker pada area mata. Melanoma adalah jenis kanker mata yang paling umum yang biasa mempengaruhi golongan usia lanjut. Melanoma sering terjadi pada orang berkulit putih dengan mata berwarna hijau dan biru.

 Anak Berjemur

2.Kerusakan kulit di masa kanak-kanak dapat meningkatkan risiko kanker

Para ahli percaya jika kulit terbakar cahaya matahari selama bertahun-tahun, maka hal itu akan menyebabkan potensi mengalami kanker kulit di kemudian hari. Menderita dengan satu atau dua sunburn saat masa kanak-kanak atau remaja menyebabkan dua kali lipat mengalami melanoma yang akan berkembang ke arah yang lebih fatal.

 Baca juga: Bangun Pagi Paling Cocok Minum 5 Minuman Ini, Ampuh untuk Detoks

3.Tingkat kanker kulit di Inggris meningkat dan menyerang anak muda

Indonesia mungkin terkenal dengan cuacanya yang panas. Namun, di Inggris tingkat resiko mengalami kanker kulit semakin meningkat dan terus meningkat ke arah yang mengkhawatirkan dengan resiko dua kali lipat selama beberapa dekade terakhir. Kanker di Inggris paling umum menyerang anak yang berusia 15-34 tahun.

4.Kanker kulit membunuh ribuan orang di Inggris

Kanker kulit sekarang telah sangat umum dan dapat dikenali dari tahi lalat atau bercak kulit. Mayoritas kanker kulit yang didiagnosis di Inggris adalah jenis non-melanoma contohnya adalah karsinoma yang menyumbang sekira 75% dari kasus. Pemeran Wolverine di serial X-men, Hugh Jackman, mengaku bahwa ia dirawat karena mengalami karsinoma sel basal pada awal tahun ini.

 Baca juga: Mau Punya Baju Renang Bergambar Pangeran Harry dan Meghan Markle? Harganya Rp700 Ribu

Memeriksa Kulit (Taylorclinic)

5.Orang berkulit gelap alami tak kebal terhadap kerusakan akibat sinar matahari

Sebelumnya banyak yang nengatakan orang dengan kukit cerah, mata biru dan rambut tipis, lebih beresiko terkena kanker kulit. Kulit dengan warna, sensitif pada kerusakan yang disebabkan oleh sinar UV dan membutuhkan perlindungan. Mereka yang memiliki kulit zaitun atau berpigmen sering berpikir bahwa mereka tak memerlukan tabir surya. Oleh sebab itu Anda yang memikiki kulit gelap, tidak boleh meremehkan dan harus tetap menjaga kesehatan kulit dengan menggunakan tabir surya.

(rzy)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini