nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Sebelum Olahraga Angkat Besi, Cek Manfaatnya Bagi Tubuh Kamu!

Tiara Putri, Jurnalis · Selasa 29 Mei 2018 12:31 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2018 05 29 481 1904058 sebelum-olahraga-angkat-besi-cek-manfaatnya-bagi-tubuh-kamu-u4JeeA2zEK.jpg Olah raga angkat besi (Self)

OLAHRAGA angkat besi selama ini dianggap sebagai latihan kekuatan dimana lebih banyak dilakukan oleh pria. Akan tetapi, bukan berarti olahraga ini tidak bisa dilakukan oleh wanita. Sekarang ini latihan tersebut semakin populer di kalangan wanita.

Banyaknya manfaat yang didapatkan dari latihan angkat besi membuat jumlah orang yang tertarik untuk melakukannya semakin bertambah. Belum lama ini sebuah penelitian mengaitkan olahraga angkat besi dengan penurunan risiko depresi. Melansir Independent, Selasa (29/5/2018), berikut manfaat lain yang bisa didapatkan dari latihan ini:

Baca juga: Lebaran 2018, Tren Busana Kaftan Mulai Tergerus Gamis dan Abaya

 Olah raga (Akaimazed)

Membakar lebih banyak kalori

Latihan angkat besi dapat membakar kalori lebih banyak sehingga membantu seseorang yang melakukannya kehilangan lemak. Selain itu, latihan ini dapat membangun otot tanpa lemak sehingga secara metabolik karbohidrat dan lemak tubuh dapat dibakar dan digunakan sebagai energi. Latihan angkat beban juga diklaim lebih efektif daripada latihan kardio.

 Baca juga: Bangun Pagi Paling Cocok Minum 5 Minuman Ini, Ampuh untuk Detoks

Memiliki dampak positif pada kepadatan tulang

Saat tulang berada di bawah tekanan karena melakukan latihan ketahanan dalam jangka panjang, maka tulang tumbuh lebih kuat dan meningkatkan kepadatannya karena menahan beban ekstra serta kekuatan. Dengan begitu dapat mengurangi kemungkinan osteoporosis di kemudian hari. Penelitian telah menunjukkan bahwa latihan aerobik dan pelatihan ketahanan membantu memperkuat kemampuan tulang kita untuk menahan berat badan, tetapi latihan angkat besi lebih efektif.

 Olah raga (Popsugar)

Meningkatkan kekuatan dan kepercayaan diri

Setiap kali berlatih dengan beban, seseorang akan menjadi lebih kuat. Di latihan berikutnya, orang tersebut pun akan mampu mengangkat beban yang lebih berat. Hal ini tentunya sangat memuaskan dan memotivasi. Ketika seseorang merasa kuat, maka tingkat kepercayaan dirinya juga akan bertambah.

 Baca juga: Mau Punya Baju Renang Bergambar Pangeran Harry dan Meghan Markle? Harganya Rp700 Ribu

Membuat tubuh lebih atletis

Latihan angkat besi dapat membuat tubuh terlihat kencang dan lebih terbentuk. Selain itu, latihan ini juga membuat tubuh lebih atletis sehingga bisa melakukan jenis latihan lain dengan cukup mudah. Hal itu lantaran adanya peningkatan dalam aspek kekuatan, kecepatan, kelincahan, daya tahan, dan massa otot.

(rzy)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini