nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Perut Buncit Ternyata Tanda Kekurangan Vitamin D, Masa Sih?

Wikanto Arungbudoyo, Jurnalis · Selasa 29 Mei 2018 20:22 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2018 05 29 481 1904154 perut-buncit-ternyata-tanda-kekurangan-vitamin-d-masa-sih-KCpZGyeKcg.jpg Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

 

MEMILIKI perut buncit memang tidak menyenangkan. Selain mengganggu keindahan bentuk tubuh, perut buncit juga merupakan tanda tubuh Anda menyimpan penyakit. Sebuah studi baru belum lama ini mengungkap adanya hubungan kekurangan vitamin D dengan perut yang membuncit.

Vitamin D adalah nutrisi penting yang dibutuhkan oleh tubuh manusia. Nutrisi tersebut dapat membantu mencegah kegagalan jantung, menguatkan tulang, serta melindungi tubuh dari sel kanker serta diabetes. Vitamin D, juga berperan penting dalam mencegah infeksi saluran pernapasan serta penyakit autoimun lainnya.

Tim peneliti dari Studi Obesitas Epidemiologi Belanda mengungkap, perut buncit bisa terjadi karena kekurangan vitamin D, berdasarkan data dari ribuan laki-laki dan perempuan berusia 45-65 tahun. Fokus utama penelitian terletak pada lemak total, lemak di sekitar organ dan hati, serta lemak perut di bawah kulit.

Baca Juga: 4 Tokoh yang Ikuti Jalan Buddha, Salah Satunya Sampai Bakar Diri!

(Foto: Shutterstock)

Melansir dari Boldsky, Selasa (29/5/2018), studi tersebut mengungkapkan bahwa baik bagian perut dan total lemak tubuh sangat berkaitan dengan rendahnya level vitamin D. Bagi pria, lemak di bagian hati dan perut berkaitan erat dengan kurangnya asupan vitamin D di tubuh.

Tidak perlu khawatir jika Anda kekurangan vitamin D hingga perut terlihat membuncit. Pasalnya, vitamin D cukup mudah didapatkan dari makanan sehari-hari, selain dari suplemen. Berikut daftar makanan yang menjadi sumber vitamin D.

1. Kuning telur

Seluruh bagian telur adalah sumber vitamin D yang baik selain juga merupakan sumber makanan penuh nutrisi. Sebagian besar protein ada pada putih telur sementara kuning telur mengandung vitamin, mineral, dan lemak. Sebutir kuning telur mengandung 18-39 IU vitamin D.

(Foto: Shutterstock)

2. Jamur

Jamur adalah satu-satunya tanaman yang merupakan sumber vitamin D terbaik. Mereka dapat mensintesis vitamin ini ketika terkena sinar ultraviolet (UV) dan menghasilkan vitamin D2. Mineral tersebut dapat membantu menaikkan kadar vitamin D dalam darah.

3. Salmon

Salmon adalah salah satu jenis ikan yang mengandung lemak cukup banyak serta sumber vitamin D yang sangat baik. Sebuah penelitian mengungkapkan, seekor ikan salmon seberat 100 gram yang ditangkap dari alam bebas mengandung 988 IU vitamin D.

4. Sayuran

Sejumlah sayuran seperti kangkung, bayam, brokoli, lobak hijau, lobak, dan wortel, sangat kaya akan kandungan vitamin, mineral, serat makanan, serta air yang tinggi. Asupan kalori mereka lebih rendah dari buah-buahan dan sayur-sayuran ini dapat membantu mengurangi perut buncit dengan cara mencegah kelebihan makan, membersihkan usus, meningkatkan metabolisme tubuh, dan membantu pencernaan.

5. Produk susu

Produk-produk dari susu seperti susu penuh lemak, keju, dan yogurt, wajib masuk dalam diet Anda jika tidak mengalami alergi terhadap laktosa. Produk-produk yang dihasilkan dari susu mengandung vitamin D dan cukup banyak nutrisi.

Asupan vitamin D dalam sehari yang direkomendasikan adalah sebanyak 400-800 IU atau 10-20 mikrogram per hari. Namun, beberapa studi juga menyarankan asupan vitamin D yang lebih tinggi yakni 1.000-4.000 IU atau 25-100 mikrogram dibutuhkan untuk mengoptimalkan kandungannya dalam darah.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini