nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Susah Berhenti Merokok? Coba Diet dengan 5 Makanan Ini Deh

Dewi Kania, Jurnalis · Selasa 29 Mei 2018 22:29 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2018 05 29 481 1904199 susah-berhenti-merokok-coba-diet-dengan-5-makanan-ini-deh-9dBWaxDxQW.jpg Ilustrasi Rokok. (Foto: Reuters)

KEBIASAAN merokok memang harus dihindari, karena dampaknya buruk. Sayang, masih banyak kalangan perokok kesulitan untuk keluar dari jeratan ancaman nikotin tersebut.

Padahal sudah jelas disebutkan bahwa paparan rokok dan tembakau berbahaya bagi kesehatan, namun cenderung diabaikan. Padahal merokok dapat menyebabkan beberapa masalah kesehatan, termasuk penyakit jantung, diabetes, kanker, penyakit hati, gangguan pernapasan, paru-paru, dan sebagainya.

Alasannya, ketika seorang perokok berusaha ini keluar dari ancaman benda tersebut, sering merasa frustasi, gelisah, jengkel, hingga mengalami perubahan suasana hati. Oleh karena itu, ada terapi yang harus dilakukan termasuk diet.

Baca Juga: Desain Aneh, Kaos Ditempel Kemeja Ini Dihargai Rp18 Juta!

Ahli Gizi Klinis Ankita Ghag dari Vacchan Aarogya dan InBody mengatakan, nikotin dipasok ke otak dan mempengaruhi kemampuan perokok untuk mencicipi rasa. Konsumsi tembakau dan merokok ini dapat menurunkan nafsu makan pengguna.

"Begitu sulitnya para perokok untuk berhenti. Tapi dia mendapatkan kembali selera dan menikmati makanan pilihannya," terangnya.

Dia pun menjelaskan, ada makanan yang harus dikonsumsi oleh pengguna rokok, supaya perlahan-lahan mereka bisa bebas dari tembakau. Simak ulasannya berikut ini, dilansir Thehealthsite, Selasa (29/5/2018).

Baca Juga: Gaun Pengantin KW Meghan Markle Disewakan dengan Harga Rp20,7 Juta, Tertarik?

1. Cokelat hitam

Cokelat bisa membantu seseorang keluar dari ancaman kebiasaan merokok. Sebab, makanan tersebut sumber katekin yang baik, yang membantu membuang racun dalam tubuh.

2. Nanas dan quinoa

Kedua makanan ini memiliki fungsi untuk membangun kekebalan tubuh Anda. Karena makanan ini kaya vitamin A, C dan E.

3. Aneka jenis buah berry

Stroberi atau blackberry dapat menjadi sumber katekin yang baik untuk melawan radikal bebas. Jika ingin benar-benar lepas dari efek nikotin, maka setiap hari buah ini wajib dikonsumsi.

4. Tomat, kiwi, pepaya, jeruk

Buah-buahan yang segar dan tinggi antioksidan serta vitamin C ini sangat baik dikonsumsi untuk membangun sistem kekebalan tubuh agar tidak gampang sakit.

5. Wortel, paprika, selada, brokoli

Sayuran berdaun hijau gelap juga harus dikonsumsi. Perokok butuh asupan cairan yang banyak karena mereka cenderung mengalami dehidrasi.

Seorang perokok juga harus menghindari beberapa jenis minuman dan makanan yang memperburuk kondisi kesehatannya. Seperti minum teh, kopi, soda atau konsumsi makan berminyak, pedas, dan junk food.

Di samping itu, Anda juga butuh melakukan latihan dan meditasi untuk keluar dari ancaman rokok. Hindari pula lingkungan para perokok supaya Anda tidak gampang terpengaruhi. "Optimislah dan menjalani hidup sehat supaya bebas dari ancaman rokok. Setiap orang pasti bisa melakukan ini," harap Ankita Ghag.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini