Tunjukkan 7 Sikap Ini pada Lansia, Dijamin Mereka Pasti Senang!

Tiara Putri, Jurnalis · Rabu 30 Mei 2018 16:07 WIB
https: img.okezone.com content 2018 05 30 196 1904480 tunjukkan-7-sikap-ini-pada-lansia-dijamin-mereka-pasti-senang-74I155VMID.jpg Ilustrasi (Foto: Thespruce)

BERHADAPAN dengan orang lanjut usia (lansia) atau kakek nenek terkadang bukanlah hal yang mudah. Mereka bisa saja bersikap seperti anak kecil dan mudah merasa tersingggung. Di saat itulah orang yang lebih muda harus pintar-pintar memahami maksud mereka.

Jangan sampai sikap para lansia membuat orang muda terpancing emosi. Sebab bagaimanapun kakek dan nenek adalah orang yang lebih tua sehingga harus dihormati dan mungkin saja mereka pernah berjasa dalam hidup orang muda. Jagalah sikap di depan lansia dan bayangkan bila Anda berada di posisi mereka bagaimana perasaan yang akan dialami.

Melansir The Spruce, Rabu (30/5/2018), inilah 7 sikap yang harus dilakukan ketika berhadapan dengan para lansia:

 (Baca Juga: Meski Sudah Nenek-Nenek, 5 Selebriti Ini Gak Kalah Cantik dari Raisa)

Memanggil nama mereka dengan benar

Terkadang para lansia memiliki keinginan untuk dipanggil dengan nama atau sebutan tersebut. Hormatilah keinginan itu dan Anda bisa memanggil sesuai dengan permintaan mereka.

Bersalaman

Jika Anda bertemu dengan lansia untuk pertama kalinya atau tidak pernah melihat sebelumnya, cobalah untuk bersalaman. Ini adalah sikap sederhana namun ramah. Sikap ini juga menunjukkan Anda memiliki sopan santun. Cara lain untuk menunjukkan sopan santun adalah menggunakan kata 'tolong' dan 'terima kasih' apabila Anda hendak meminta bantuan atau mendapatkan bantuan.

Berbicara dengan jelas tanpa menggunakan bahasa yang biasa digunakan kepada teman

Sekarang ini banyak kata-kata baru yang bermunculan di tengah anak muda. Akan tetapi, kata-kata tersebut tidak dapat diucapkan ke lansia. Gunakanlah kata-kata yang mudah dipahami. Hindari penggunaan bahasa gaul seperti oke deh. Selain itu, perbesarlah volume suara bila lansia tidak dapat mendengar Anda.

 

Buat kontak mata dan senyum

Saat mendekati atau menyapa orang yang lebih tua, selalu lakukan kontak mata. Ini menunjukkan jika Anda mengakui kehadiran mereka. Senyuman hangat dari Anda dapat membuat mereka lebih ceria.

Menawarkan bantuan

Bila Anda melihat seorang lansia mengalami kesulitan untuk melakukan sesuatu, segeralah tawarkan mereka bantuan. Sebagai contoh, bila ada seorang lansia yang hendak masuk ruangan, cobalah tahan pintu untuk dirinya. Selain itu, bila mereka sulit menjangkau benda di tempat yang tinggi maupun terlalu rendah, tawari untuk membantu mengambilkannya.

Berikan waktu dan perhatian

Kebanyakan lansia akan menghargai perhatian yang diberikan oleh orang yang lebih muda. Biasanya mereka gemar bercerita dan sangat senang bila ada orang yang meluangkan waktu untuk mendengarkannya. Nikmati percakapan tentang topik tersebut meskipun pernah dibahas. Dengan begitu Anda menunjukkan sikap peduli terhadap mereka. Anda juga bisa bermain kartu atau menonton film bersama.

 (Baca Juga: 3 Ilusi Optik yang Jadi Viral Ini Dijamin Bikin Kamu Garuk-Garuk Kepala)

Tunjukkan rasa cinta

Semua orang tampaknya senang apabila mendapatkan perlakuan yang menunjukkan rasa cinta, termasuk para lansia. Jangan lupa untuk memeluk kakek nenek atau mengucapkan sesuatu yang menunjukkan Anda mencintainya. Selain itu, perlakukanlah mereka dengan sikap yang baik dan penuh cinta.

(dno)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini