nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

3 Ilusi Optik yang Jadi Viral Ini Dijamin Bikin Kamu Garuk-Garuk Kepala

Wikanto Arungbudoyo, Jurnalis · Rabu 30 Mei 2018 11:12 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2018 05 30 481 1904372 3-ilusi-optik-yang-jadi-viral-ini-dijamin-bikin-kamu-garuk-garuk-kepala-KPTQAkyGzV.jpg

MATA sebagai indera penglihatan memang dapat membuat Anda menyaksikan indahnya ciptaan Yang Maha Kuasa di dunia. Namun, terkadang mata juga bisa menipu Anda. Ilusi optik atau tipuan optik istilahnya. Tak jarang, ilusi optik itu membuat orang yang melihat menggaruk-garuk kepala.

Laman VT, Rabu (30/5/2018), mengunggah sejumlah foto yang mengandung ilusi optik. Salah satunya adalah foto seorang pria yang sedang bercanda dengan kekasihnya. Mengapa disebut ilusi optik? Sebab, dalam foto terlihat si pria memakai sepatu high heels yang biasa dipakai wanita.

Foto ilusi optik itu sempat viral beberapa waktu lalu. Muncul beragam perdebatan di jagat media sosial mengenai kepantasan seorang pria menggunakan high heels. Ternyata, foto tersebut merupakan ilusi optik. Mari telaah lebih lanjut.

Coba Anda mulai teliti dari rambut panjang si wanita lalu arahkan pandangan ke kanan. Dari situ akan terlihat dengan jelas bahwa si wanita lah yang memakai heels.

(Baca Juga: Berikan Buket Bunga Uang senilai Rp740 Juta ke Kekasihnya, Pria Ini Malah Terancam Pidana)

Sementara itu, si pria mengenakan kemeja kotak-kotak ungu, sedang duduk di kursi. Pria itu nampaknya cukup tinggi hingga lengan dan bahu kiri si perempuan terlihat tersembunyi oleh tubuh kekasihnya itu.

Seorang pengguna Twitter bernama @joeyflaco1 pun menunjukkan perbedaan itu dengan sengaja menggambar garis dengan dua warna berbeda. Pada garis biru yang menandai bentuk tubuh si perempuan dan garis kuning yang menandai si pria, terlihat jelas perbedaannya.

Akan tetapi, beberapa orang masih coba menolak solusi yang ditawarkan tersebut. Banyak juga yang masih menganggap kalau laki-laki itu berdiri dan sedikit membungkuk, sementara si wanita duduk di kursi.

Meski perdebatan bisa dianggap sudah selesai, beberapa warganet justru bereaksi dengan mengunggah sendiri foto-foto ilusi optik ala mereka. Pengguna bernama @madi_altman mengunggah foto dengan posisi yang mirip dengan contoh ilusi optik di atas. Bedanya, kedua pelakunya adalah wanita yang salah satunya terlihat seperti mengalami patah leher.

(Baca Juga: Tampil Berhijab, Pebulu Tangkis Dinar Dyah Ayustine Mengaku Dapat Hidayah)

Ilusi optik bisa dikategorikan sebagai brainfart atau kesalahan otak dalam mencerna informasi. Ketika mata Anda melihat sesuatu yang tidak masuk akal, otak cenderung meresponsnya dengan cara mengambil jalan pintas untuk melihat ke dasar apa yang sesungguhnya terjadi. Sayangnya, jalan pintas itu seringnya berujung dengan kesalahan.

1 / 2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini