Share

Tidak Cuma Tembakau, Makanan Ini Ternyata Juga Mengandung Nikotin

Wikanto Arungbudoyo, Okezone · Kamis 31 Mei 2018 09:38 WIB
https: img.okezone.com content 2018 05 31 298 1904816 tidak-cuma-tembakau-makanan-ini-ternyata-juga-mengandung-nikotin-49ZlpfhXs2.jpg Sayuran (Coachnine)

SUDAH bukan rahasia lagi apabila tembakau mengandung nikotin yang merupakan zat adiktif. Nikotin membuat orang kecanduan dengan sebatang rokok sehingga mengabaikan kesehatan. Bahkan, rokok acap dianggap sebagai awal mula seseorang kecanduan dengan narkotika dan zat adiktif lainnya.

Akan tetapi, tahukah Anda bahwa makanan, terutama sejumlah sayuran, ternyata mengandung nikotin yang ada di dalam sebatang rokok. Fakta tersebut terungkap dalam penelitian yang dilakukan oleh Pusat Kontrol dan Pencegahan Penyakit Amerika Serikat (AS).

Berikut beberapa makanan yang sehari-hari dikonsumsi yang ternyata mengandung nikotin, dinukil dari Livestrong, Kamis (31/5/2018): Baca juga: Melihat Proses Pembuatan Meriam Karbit yang Siap Berdentum Menyambut Lebaran

1. Terong

 Olahan terong (Gulalives)

Sayuran ini ternyata mengandung nikotin dalam jumlah yang cukup besar. Sebatang terong mengandung konsentrat nikotin mencapai 100 nanogram. Padahal, terong adalah salah satu makanan yang baik untuk diet karena mengandung serat, vitamin B1, vitamin B6, dan potasium yang juga cukup tinggi.

2. Tomat hijau

 Tomat (The Kitchn)

Meski tidak setinggi terong, tomat hijau juga mengandung nikotin dengan jumlah yang cukup banyak. Sebutir tomat hijau memiliki 42,8 nanogram nikotin. Tomat hijau sendiri mengandung potasium, fosfor, vitamin C, asam folat, dan kalsium yang baik untuk diet. Baca juga: Hal yang Cewek Inginkan dari Cowok, Nomor 7 Jangan Diingkari!

3. Kembang kol

Kembang Kol (Eatthis)

Satu lembar kembang kol ternyata mengandung nikotin sebanyak 16,8 nanogram. Selain nikotin, kembang kol juga makanan yang baik untuk sumber vitamin K, vitamin C, asam volat, dan serat. Meski mengandung nikotin, nyatanya konsumsi kembang kol secara reguler dapat mencegah kanker serta berguna untuk detoksifikasi tubuh.

4. Kentang

 Kentang (Theconversation)

Kentang ternyata juga dapat menyebabkan Anda terpapar nikotin. Sebutir kentang mengandung konsentrat nikotin sebanyak 7,1 nanogram. Meski demikian, kentang merupakan sumber makanan terbaik untuk vitamin B6, vitamin A, dan potasium.

Kombinasi nutrisi tersebut sangat berguna untuk mencegah penyakit kardiovaskular yang berkaitan dengan jantung dan pembuluh darah. Mereka yang rutin mengonsumsi kentang memiliki risiko lebih rendah terkena serangan jantung.

Baca Juga: Aksi Nyata 50 Tahun Hidupkan Inspirasi, Indomie Fasilitasi Perbaikan Sekolah untuk Negeri

Follow Berita Okezone di Google News

(rzy)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini