Dokter Ini Keluarkan Magnet dari Paru-Paru Gadis Kecil dengan Cara Tak Diduga

Annisa Aprilia, Jurnalis · Jum'at 01 Juni 2018 04:07 WIB
https: img.okezone.com content 2018 05 31 481 1905165 dokter-ini-keluarkan-magnet-dari-paru-paru-gadis-kecil-dengan-cara-tak-diduga-NPMrvCOYXA.jpg Magnet di paru-paru seorang gadis kecil (Foto: Dailymail)

SEORANG anak perempuan berusia sembilan tahun tidak sengaja menelan magnet, yang akhirnya menempel pada paru-parunya yang sebelah kanan. Saat dibawa ke rumah sakit, dokter awalnya hendak mengangkat magnet tersebut melalui operasi, namun sebuah cara tidak umum ditemukan.

Magnet yang tertelan dan masuk ke dalam paru-paru itu panjangnya sekira satu inci atau 1,25 centimeter. Melansir dari laman Daily Mail, Jumat (1/6/2018), setelah mempertimbangkan cara untuk mengeluarkan potongan magnet, dokter menetapkan sebuah ide yang cerdas, yaitu mereka akan menggunakan magnet lainnya yang lebih besar untuk menggeser dan menarik magnet yang tersangkut.

 

Mulanya, anak perempuan itu tidak sengaja menelan magnet ketika sedang bermain dengan saudara perempuannya, hingga kesulitan bernapas. Peristiwa yang terjadi di India ini sungguh menjadi peringatan bagi setiap orangtua di dunia agar lebih memerhatikan mainan yang diberikan pada anaknya.

 (Baca Juga:Kurang Efektif, Gambar Seram di Bungkus Rokok Bakal Diganti)

Dengan melakukan prosedur yang tidak biasa ini, ahli bedah mengeluarkan magnet yang ada di dalam paru-paru dengan daya magnet yang lebih kuat dari luar tubuh anak perempuan tersebut. Dokter menggeser magnet yang menyumbat melalui batang tenggorokan, lalu mulut, untuk menghindari bahaya tersedak, dengan cara seperti ini dokter menganggap lebih mudah daripada operasi, karena magnet telah berada di paru-paru kanan, sehingga sulit untuk dikeluarkan dengan aman.

 

Sebelum menggunakan daya magnet yang lebih besar, dokter sempat mengupayakan mengeluarkan magnet dengan bronkoskop kabel serat optik yang dimasukkan ke tenggorokannya untuk memeriksa pendarahan atau kerusakan. Namun, permukaan halus magnetnya sulit untuk dipertahankan alat medis.

 (Baca Juga:Bukan Hamil, Ternyata Ini Penyakit yang Bikin Perut Mantan Model Sam Cooke Buncit)

Dengan menarik magnet dalam paru-paru menggunakan magnet dari luar tubuh, Dr Jayateertha Joshi seorang ahli bedah anak dan Dr Sunil ahli anestesi, menganggap cara ini tidak akan merusak trakea, tenggorokan atau menghalangi saluran pernapasan si anak.

 

Sumber menuliskan, dokter menggeser magnet dan mengarahkannya ke mulut, sambil menjaga bronkoskop untuk melihat objek yang bergerak menuju tenggorokan, di mana mereka bisa mengeluarkan magnet dari dalam paru-paru. Prosedur yang tidak biasa itu pun berhasil, karena magnet yang lebih besar daya tariknya bisa menarik magnet yang tersangkut dalam tubuh.

“Ketika mencapai bagian atas, pengangkatan magnet akan menjadi lebih mudah,” tutup Dr Jayateertha.

(tam)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini