nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

5 Fakta Minum Susu, Sudah Tahu Belum?

Leonardus Selwyn, Jurnalis · Jum'at 01 Juni 2018 06:46 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2018 05 31 481 1905217 5-fakta-minum-susu-sudah-tahu-belum-VHIJEkn3iw.jpg Ilustrasi Susu. (Foto: Huffpost)

SUSU adalah salah satu minuman sehat yang mudah dijumpai di mana saja. Anda bisa memilih berbagai jenis susu mulai dari yang cair hingga yang bubuk sesuai dengan selera.

Susu sendiri, memiliki banyak manfaat baik bagi tubuh. Kandungan nutrisinya mampu menyehatkan sekaligus memberikan tenaga ekstra bagi yang mengonsumsinya.

Meski demikian, masyarakat Indonesia masih belum banyak yang sadar akan pentingnya minum susu bagi kesehatan. Terbukti dengan kecilnya tingkat minum susu tahunan setiap individu di Tanah Air.

Sebagaimana dijelaskan Senior Nutrition Manager Fronterra Indonesia, Ines Yumahana, Okezone akan membeberkan mengenai 5 fakta menarik tentang susu.

Baca Juga: Kurang Efektif, Gambar Seram di Bungkus Rokok Bakal Diganti

1. Anda yang tidak menyukai susu, mulai sekarang wajib untuk mencobanya. Pasalnya kandungan nutrisi dalam dua gelas susu setara dengan protein dalam dua butir telur, kalsium dalam tuga mangkuk brokoli, vitamin B-12 dalam 85 gram daging sapi dan fosfor setara dengan satu mangkuk kacang.

2. Terdapat lima macam susu. Susu kacang kedelai memiliki 220 mg kalsium dan 5,6 gram protein. Susu almond terdiri dari 130 mg kalsium dan 1 gram protein. Susu sapi mengandung 280 mg kalsium dan 6,4 gram protein. Susu beras terdiri dari 230 mg kalsium dan 0,6 protein. Yang terakhir adalah susu kelapa yang memiliki 230 mg kalsium dan 0,6 protein.

3. Selain protein dan kalsium, susu juga menyimpan banyak kandungan nutrisi lain seperti vitamin B-12, fosfor, vitamin B2, biotin, vitamin B5, vitamin A, kalium, zink, magnesium dan yodium. Semua nutrisi tersebut terkandung dalam susu dengan kadar yang berbeda beda.

Baca Juga: Bukan Hamil, Ternyata Ini Penyakit yang Bikin Perut Mantan Model Sam Cooke Buncit

4. Susu mengandung protein yang berkualitas tinggi. 80% kasein dan 20% whey protein. Selain itu susu juga mengandung sembilan asam amino esensial (sembilan asam amino yang tidak dapat dibentuk sendiri dalam tubuh manusia).

5. Selain protein tinggi, susu juga mengandung lemak yang merupakan sumber energi penting yang baik untuk pertumbuhan tubuh. Lemak adalah pembawa vitamin A, D, E dan K dan mendukung penyerapannya.

(mrt)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini