Ini Makna di Balik Nama-nama Kue Khas Lebaran, Jangan Doyan Ngabisinnya Saja!

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Sabtu 02 Juni 2018 00:05 WIB
https: img.okeinfo.net content 2018 06 01 298 1905427 ini-makna-di-balik-nama-nama-kue-khas-lebaran-jangan-doyan-ngabisinnya-saja-VXJmrVlrVT.jpg (Foto: Inforesep)

DI momen lebaran, ada beberapa hal yang paling dinantikan. Mulai dari bangun pagi untuk Salat Ied, makan pagi pada satu meja besar bersama seluruh keluarga, sampai dengan bagi-bagi THR.

Selain aktivitas itu, nyemilin ku lebaran juga jadi salah satu kebiasaan yang akan Anda rindukan setelah lebaran itu berlalu. Bicara mengenai kue lebaran, di rumah Anda biasanya nyediainnya kue apa saja?

Jika diambil rata-rata, banyak dari kita yang menyedikan kue lebaran seperti nastar, kaastengel, putri salju, atau juga lidah kucing. Rasanya yang enak tentu membuat Anda susah untuk berenti mengonsumsinya.

Tapi, tahukah Anda dari mana datangnya nama-nama kue ini? Berdasar beberapa sumber yang diterima Okezone, berikut arti nama kue lebaran

1. Nastar

Kue lebaran ini terbilang kue yang paling banyak dinantikan orang-orang saat lebaran. Rasanya yang khas dengan teksyur buah nanas asli membuat lidah tidak ingin berhenti makan. Nah, nama nastar sendiri ternyata berasal dari bahasa Belanda; ananas dan taart. Ananas berarti nanas dan tart adalah kue tar. Jika digabungkan, akan menjadi ananastaart. Karena lidah Indonesia sulit mengucapkan kata itu, alhasil "nastar" dipakai untuk mempermudah pelafalannya.

Nastar(Foto: Up2det)

2. Lidah Kucing

Kue lebaran yang satu ini memiliki rasa yang sangat khas, tidak begitu manis, tapi ada rasa gurihnya juga. Kue ini pun diketahui berasal dari Belanda yang di sana dinamakan "Katte Tong". Karena bentuknya seperti lidah kucing, maka masyarakat Indonesia mengamini nama lidah kucing untuk kue tersebut.

Lidah Kucing(Foto: Cookpad)

3. Putri Salju

Kue yang satu ini juga banyak diincar tamu undangan sat lebaran. Taburan gula halus di atas kue ini menjadi ciri khas yang tidak dimiliki kue lainnya. fisiknya yang bertabur gula halus sering juga dimakan hanya gulanya saja. Biasanya ini dilakukan anak-anak. Nah, bicara mengenai asal usul katanya, banyak yang bilang nama itu terbentuk karena taburan gula halus yang menyerupai salju. Agar penyebutannya mudah, makanya kue putri salju dipilih.

putri salju(Foto: Santapsedap)

4. Kaastengel

Kue kering khas lebaran ini pun ternyata asli Belanda. Memiliki nama asli kaasstengels, kaastengel di Indonesia pun rasanya sama seperti di Belanda. Bicara mengenai asal usul kata, ternyata kaastengel terbagi menjadi dua suku kata; kaas dan stengels. Kaas berarti keju dan stengels berarti batangan. Makanya, tak heran kalau kue ini bentuknya seperti batang dan ada taburan keju di bagian atasnya. (hel)

Kastengel(Foto: Christinespiku)

1 / 4

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini