nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Jangan Sembarangan, Ini 5 Tips Memilih dan Minum Susu Murni biar Terhindar dari Bakteri

Dimas Andhika Fikri, Jurnalis · Jum'at 01 Juni 2018 19:00 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2018 06 01 481 1905447 jangan-sembarangan-ini-5-tips-memilih-dan-minum-susu-murni-biar-terhindar-dari-bakteri-IAIpYcJNmy.jpg Ilustrasi (Foto: Dailymail)

SUSU termasuk salah satu minuman yang memiliki manfaat luar biasa bagi kesehatan. Tidak hanya mengandung gula laktosa, protein, dan kalsium, susu dapat menjadi pendamping makanan karena nutrisinya yang lengkap dan bisa dijadikan obat penyembuh.

Meski susu dapat diolah dengan campuran bahan makanan lainnya, namun susu murni segar diklaim sebagai salah satu jenis susu yang direkomendasikan untuk dikonsumsi setiap hari. Susu jenis ini memiliki lemak sehat yang kandungan tidak terlalu besar, sehingga baik untuk menjaga berat badan dalam jumlah konsumsi seimbang.

Mengingat susu murni segar merupakan susu mentah yang belum diolah sama sekali, sebagian orang tentu bertanya-tanya bagaimanakah cara meminum susu ini agar aman dan layak dikonsumsi? Berdasarkan data yang dihimpun Okezone, Jumat (1/6/2018), susu murni dapat langsung diminum asalkan susu berasal dari peternakan yang menerapkan pemeliharaan organik tanpa bantuan kimiawi.

Selain itu, kandang sapi juga harus selalu terjaga kebersihannya dan proses produksi yang sesuai dengan standar kesehatan. Fakta ilmiah ini diperkuat bahwa bakteri alami non-patogenik di dalam susu mentah ternyata dapat menyehatkan usus serta mampu membantu sistem kekebalan tubuh.

Kendati demikian, susu murni segar atau susu mentah tidak disarankan untuk dikonsumsi oleh orangtua, perempuan hamil, anak-anak, pasien kanker, atau orang dengan sistem kekebalan tubuh yang lemah. Ini disebabkan karena susu mentah berpotensi tercemar bakteri E.coli dan Salmonella.

Oleh karena itu sekarang sudah banyak produk susu segar yang harus dipanaskan terlebih dahulu dengan cara pasteurisasi untuk menghambat perkembangan bakteri patogen, serta dapat disimpan lebih lama. Nah, saat hendak memilih susu murni segar, pastikan Anda mengikuti 5 tips di bawah ini.

Rasa

Susu murni yang baik cenderung tidak memiliki rasa manis. Anda justru akan merasakan sedikit asin dan creamy ketika mengonsumsinya. Meski telah dicampurkan dengan pemanis sekalipun, rasa asin masih akan tetap terasa.

Minum Susu

Tekstur

Susu murni memiliki tekstur yang sedikit kental namun tidak menggumbal. Perlu diketahui, jika susu memiliki gumpalan atau bulir-bulir sebelum diminum, itu menandakan bahwa susu sudah tidak layak untuk dikonsumsi.

Warna

Susu murni seharusnya memiliki warna putih. Tapi ketika dicampurkan dengan air, warnanya akan berubah menjadi agak kebiruan. Tidak perlu khawatir perubahan warna itu secara kimiawi membuktikan bahwa susu murni tersebut berkualitas baik.

Susu Murni

Aroma

Selain dari rasa, tekstur, dan warna, Anda bisa mengetahui kesegaran susu murni dari aromanya. Susu murni yang baik cenderung mengeluarkan aroma creamy yang khas. Oleh karena itu, jika bau sudah sedikit asam lebih baik jangan dikonsumsi karena menandakan bahwa susu tersebut sudah tidak layak.

Kebersihan

Walaupun belum dicampur bahan kimiawi, susu murni harus tetap bersih. Pastikan ketika membelinya sudah tidak terdapat kotoran fisik seperti darah atau bulu

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini