Selain Jadi Bumbu, Cengkeh Bisa Berkhasiat Cegah Serangan Diabetes!

Dewi Kania, Jurnalis · Jum'at 01 Juni 2018 20:00 WIB
https: img.okezone.com content 2018 06 01 481 1905452 selain-jadi-bumbu-cengkeh-bisa-berkhasiat-cegah-serangan-diabetes-Cj21h7TpFv.jpg Cengkeh tak hanya untuk bumbu masak (Foto: Lovebackyard)

CENGKEH sering dijadikan rempah untuk membuat kue atau campuran minuman. Anda harus tahu manfaatnya bila dikonsumsi setiap hari.

Rempah ini dapat menyembuhkan sakit tenggorokan hingga melawan flu. Beberapa manfaatnya yang juga baik untuk hal lainnya karena sangat luar biasa.

Dilansir Boldsky, Jumat (1/6/2018), ada manfaat lebih dari itu yang harus dipahami. Berikut ulasannya dan tahu kandungan nutrisinya yang mungkin belum Anda tahu.

1. Tinggi antioksidan

Cengkeh memiliki banyak nutrisi penting termasuk mangan, vitamin K, vitamin C, kalsium, magnesium, vitamin E dan serat, vitamin dan mineral lainnya. Sementara mangan adalah mineral penting untuk menjaga fungsi otak dan membangun tulang yang kuat, vitamin C membantu memperkuat sistem kekebalan tubuh, dan vitamin K bertindak sebagai nutrisi penting untuk mencegah pembekuan darah.

Cengkeh juga tinggi antioksidan, senyawa yang mengurangi stres oksidatif, untuk melawan penyakit kronis. Fungsinya juga dapat menetralisir radikal bebas, senyawa yang dapat menimbulkan racun

2. Dapat membunuh bakteri

Cengkeh memiliki sifat antimikroba, yang dapat membantu menghentikan pertumbuhan mikro-organisme seperti bakteri. Ini dapat menyebabkan kram, kelelahan, dan diare. Sifat antibakteri cengkeh juga dapat membantu meningkatkan kesehatan mulut yang baik dampaknya.

Cengkeh

3. Melindungi hati

Kehadiran senyawa eugenol dalam cengkeh diyakini bermanfaat bagi organ hati. Selain memperbaiki fungsi hati, cengkeh dapat menjadi suplemen yang baik untuk penyakit perlemakan hati. Anda jadi dapat mengurangi risiko peradangan dan dapat membantu menjaga kesehatan hati yang sangat penting sekali.

4. Mengatur kadar gula darah

Cengkeh diketahui mengandung senyawa yang disebut nigericin, yang membantu dalam pengaturan kadar gula darah pada penderita diabetes. Konsumsi air cengkeh ini dalam sebulan dan rasakan manfaatnya. Fungsinya sangat baik karena mencegah Anda dari serangan diabetes.

Cengkeh

5. Meningkatkan kesehatan tulang

Ekstrak cengkeh dapat membantu memperbaiki osteoporosis dan meningkatkan kepadatan tulang, ltu penting untuk kesehatan tulang. Sertakan satu sendok teh cengkeh untuk diet harian Anda, karena manfaatnya bagus untuk meningkatkan kesehatan tulang tersebut.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini