nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Zaskia Gotik dan Kisahnya Menjadi Duta Pancasila

Annisa Aprilia, Jurnalis · Sabtu 02 Juni 2018 21:10 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2018 06 02 196 1905737 zaskia-gotik-dan-kisahnya-menjadi-duta-pancasila-NODK2HjuQ1.jpg Zaskia Gotik (Foto: Okezone)

NAMA Zaskia Gotik semula hanya dikenal sebagai penyanyi dangdut yang khas dengan goyang mirip itik. Dengan kepiawaiannya mendendangkan lagu dangdut dan menggoyangkan pinggul serta bokong, Zaskia atau yang juga disapa eneng itu menghibur penonton.

Zaskia memang sering menghibur pemirsa lewat panggung-panggung dangdut. Namun, belakangan ini si eneng juga kerap muncul dan diundang ke acara-acara musik, reality show, talkshow, dan acara komedi di televisi.

Si eneng lantas semakin jadi sorotan bukan karena lagu dangdut dan goyangannya, namun tingkahnya di acara musik Dahsyat beberapa tahun lalu, yang kemudian menuai kontroversi. Ya, Anda mungkin sudah melupakan atau justru sangat ingat dengan peristiwa didapuknya Zaskia menjadi Duta Pancasila.

 (Baca Juga:Dari Aroma Tubuh, Paranormal Muda Ini Bisa Tahu Kapan Seseorang Akan Meninggal)

 

Di hari peringatan Lahirnya Pancasila ini, mengingatkan pada peristiwa ketika perempuan yang memiliki nama asli Surkianih tersebut mengucap lambang Pancasila sila kelima yang ia ganti dengan bebek nungging. Padahal, lambang sebenarnya dari Pancasila sila kelima adalah padi dan kapas, setelah peristiwa itu terjadi, Zaskia kemudian harus menghadapi berbagai komentar pedas masyarakat Indonesia.

Pantas saja, karena Pancasila adalah lambang negara Indonesia dan dianggap sakral. Lambang padi dan kapas pada sila kelima Pancasila sendiri pun memiliki makna yang mendalam bagi masyarakat Indonesia. Padi melambangkan sumber pangan dan kapas adalah sandang atau pakaian, yang berarti kebutuhan dasar masyarakat Indonesia tersebut harus tersebar secara merata dan adil.

 (Baca Juga:Tak Perlu Buang Waktu, Begini Masak Ketupat Super Enak dan Cepat!)

Namun, hal yang mengejutkan terjadi, bukannya dihukum sesuai dengan perbuatannya, si eneng justru didapuk dan diberi predikat sebagai Duta Pancasila. Zaskia alias Surkianih ini dinobatkan sebagai Duta Pancasila oleh Fraksi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) MPR, pada 2016 silam.

Dengan diangkatnya Zaskia menjadi Duta Pancasila, dia dapat ikut mengampanyekan Pancasila pada masyarakat. Meskipun Zaskia belum berkesempatan untuk mengenyam pendidikan tinggi, namun perannya sebagai publik figur dinilai mampu memengaruhi masyarakat.

Di sisi lain, Zaskia yang sempat menjadi Duta Pancasila tersebut diberi predikat demikian, dengan harapan bisa memahami dan mempelajari Pancasila lebih dalam lagi. Zaskia pun dianggap mampu memberi contoh yang baik selain perannya sebagai pekerja seni, khususnya penyanyi dangdut.

(tam)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini