nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Lengkapi Lebaran Kamu dengan 5 Soto yang Lezat Ini

Annisa Aprilia, Jurnalis · Sabtu 02 Juni 2018 17:05 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2018 06 02 298 1905581 lengkapi-lebaran-kamu-dengan-5-soto-yang-lezat-ini-P4ypfrOvt1.jpg Soto (SBS)

SOTO sering dikonsumsi atau bahkan Anda telah hapal di luar kepala resep dan rasanya yang khas. Namun, untuk hidangan saat Idul Fitri, tidak ada salahnya menyajikan soto di meja makan, sebagai alternatif jika anggota keluarga bosan atau ingin sensasi yang berbeda di hari yang suci.

Selain lezat dimakan bersama nasi, soto-soto ini juga cocok lho disantap dengan ketupat atau lontong. Dirangkum dari berbagai sumber, berikut deretan soto khas Indonesia dari berbagai daerah, yang bisa jadi referensi Anda saat Hari Raya Lebaran.

 Baca juga: Ada 'Kembaran' Soeharto, Prabowo hingga Jokowi Duduk di Kursi KRL

1. Coto Makassar

 soto makassar (Wordpress)

Soto yang isinya jeroan, daging sapi, paru, kikil, babat, dan jeroan lainnya ini, menjadi soto khas Makassar yang cocok disantap bersama buras lontong khas Makassar, bisa juga ketupat atau lontong saat Lebaran. Kuahnya yang berwarna gelap gurih terbuat dari campuran rempah-rempah, seperti serai, jahe, lengkuas, dan rempah lainnya, juga kaldu.

2. Sroto Sokaraja

 Soto sokaraja (Foody)

Kebiasaan yang telah melekat pada masyarakat Indonesia adalah menyantap soto bersama dengan nasi putih hangat. Namun, sensasi lainnya bisa Anda rasakan dengan melahap Sroto Sokaraja bersama ketupat atau lontong. Paduan dan rasa khas dari kacang kedelai bertemu dengan ketupat akan memberikan Anda pengalaman tersendiri, kriuk-kriuk, seru!

Baca juga: Janji Manis Pangeran William ke Putri Diana yang Tak Sempat Ditepati

3. Soto Banjar

 Soto Banjar (Dapurresep)

Rasa rempah yang dominan pada kuah Soto Banjar akan membuat lidah Anda dan keluarga menari-nari saat hari yang fitri. Paduan rempah, kemiri, kayu manis, cengkeh, dan lainnya, membuat Soto Banjar jadi primadona dan dicari disetiap festival kuliner daerah. Jangan lupa makan soto Banjar dengan ditemani oleh ketupat atau lontong, bihun, ayam suwir, perkedel kentang, makin tambah maknyus!

4. Soto Kudus

 Soto kudus (qraved)

Keunikan pertama yang Anda lihat pada soto Kudus di penjajanya, yaitu ukuran mangkoknya yang imut. Soto Kudus yang disajikan dalam mangkok kecil, bisa dimakan bersama ketupat agar rasa kenyangnya lebih lama dan terasa. Soto yang konon membuat lidah publik mancanegara jatuh cinta itu berasal dari daerah Kudus, Jawa Tengah, persis seperti namanya!

5. Soto Lamongan

 Soto Lamongan

Koyanya yang khas, membuat soto Lamongan lebih memiliki ciri daripada soto ayam. Biasanya memang makan soto Lamongan dengan nasi putih hangat, tapi khusus untuk Lebaran rasanya tidak masalah menyantapnya bersama ketupat atau lontong.

(rzy)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini