Share

Cicip Ketupat Paling Nikmat dengan 7 Makanan Pendamping Ini

Tiara Putri, Okezone · Sabtu 02 Juni 2018 19:00 WIB
https: img.okezone.com content 2018 06 02 298 1905713 cicip-ketupat-paling-nikmat-dengan-7-makanan-pendamping-ini-mnzJRZTjRO.jpg Sambal goreng ati (Foto: teacups_meow/Instagram)

SALAH satu hal yang mungkin paling dirindukan dari Idul Fitri atau Lebaran adalah mengunjungi rumah keluarga maupun kerabat untuk bermaaf-maafan sekalian bersilaturahmi. Saat berkunjung itu pula biasanya pihak yang dikunjungi akan menyajikan hidangan untuk tamu. Mulai dari minuman ringan, kue kering, hingga makanan berat.

Makanan berat yang rasanya tidak boleh terlewatkan untuk dicicipi adalah ketupat. Di setiap rumah yang didatangi seakan menyediakan makanan tersebut. Namun tentunya ketupat tidak dinikmati begitu saja. Ada makanan pendamping yang menambah kelezatan rasa.

Berikut makanan pendamping ketupat yang telah Okezone rangkum, Sabtu (2/6/2018):

 (Baca Juga:Tak Perlu Buang Waktu, Begini Masak Ketupat Super Enak dan Cepat!)

Opor ayam

 

(Foto: lets.bakencook/Instagram)

Makanan berkuah ini merupakan pendamping yang selalu dicari ketika makan ketupat. Kuahnya yang gurih dan kaya akan rempah mampu menambah kelezatan makanan. Opor ayam adalah ayam rebus yang dimasak dengan bumbu kental dari santan dan ditambah berbagai bumbu tambahan seperti serai, kencur, daun jeruk dan lainnya.

Sayur labu


 (Foto: tan_inawati/Instagram)

Selain opor ayam, makanan berkuah lain yang sering dimakan bersama ketupat adalah sayur labu kuning. Makanan ini terbuat dari potongan labu dan kuah santan. Tak hanya gurih, terkadang ada yang membuat sayur labu dengan cita rasa pedas.

 (Baca Juga:Jangan Senang Dulu saat Buka Kaleng Camilan Lebaran, Intip Meme-nya)

Sambal goreng ati


 (Foto: melanmusrifah/Instagram)

Makanan yang satu ini terbuat dari potongan kentang dan hati sapi yang dimasak bersama sambal. Sambal goreng ati biasa dijadikan lauk sementara ketupat adalah nasinya. Banyak juga yang senang menyiram ketupat dan sambal goreng ati dengan kuah.

Baca Juga: Lifebuoy x MNC Peduli Ajak Masyarakat Berbagi Kebaikan dengan Donasi Rambut, Catat Tanggalnya!

Semur daging

 

(Foto: ni2k_/Instagram)

Sama seperti sambal goreng ati, semur daging juga sering dijadikan lauk untuk ketupat. Semur daging tentunya terbuat dari daging yang dimasak bersama campuran kecap dan bumbu rempah. Kebanyakan semur daging memiliki cita rasa manis.

Rendang

 

(Foto: jmeriana/Instagram)

Berbeda dengan semur daging, rendang memiliki cita rasa gurih karena terbuat dari bumbu rempah khas dan santan. Ada pula yang memasak rendang dengan cita rasa pedas. Banyak pula yang menjadikan rendang sebagai lauk untuk dimakan bersama ketupat.

 

Bakso


(Foto: Utami/Okezone)

Mungkin hanya sejumlah orang yang senang makan ketupat dengan bakso. Akan tetapi, kuah gurih dari bakso mampu menambah kenikmatan memakan ketupat. Terlebih bulatan daging olahan bisa dijadikan lauk bagi ketupat.

 

Mie Jawa


(Foto: kenyangtanpasesal/Instagram)

Bagi Anda yang berasal dari Jawa Timur pasti tidak asing dengan yang namanya Mie Jawa. Makanan ini terdiri dari mie dan potongan lontong yang dimasak bersama bumbu. Bila Lebaran, lontong bisa diganti dengan ketupat agar suasananya tetap terasa.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini