nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Kenali Gejala Hay Fever yang Buruk dan Cara Mengatasinya

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Sabtu 02 Juni 2018 11:30 WIB
https: img.okeinfo.net content 2018 06 02 481 1905648 kenali-gejala-hay-fever-yang-buruk-dan-cara-mengatasinya-nP4T0ChQTA.jpg Ilustrasi hay fever (Foto: Healthnet)

ANDA mungkin sedikit asing dengan penyakit hay fever. Penyakit ini merupakan demam yang dipicu karena jumlah serbuk sari yang tinggi. Gejala ini cenderung lebih buruk saat kondisi malam hari.

Penyakit ini memiliki gejala seperti demam, bersin dan batuk, gatal, mata merah atau berair serta tenggorokan gatal. Hal ini umumnya terjadi pada malam hari dan akan merusak jadwal tidur yang Anda miliki.

Tentunya Anda tidak menginginkan hal ini terjadi dalam kehidupan Anda. Meski terlihat sepele, tapi hal ini akan sangat meresahkan. Melansir dari Express, Sabtu (2/6/2018), Okezone akan membahas mengenai cara yang tepat untuk mengurangi dampak hay fever.

1. Rajin mencuci seprai

Anda bisa mengantisipasinya dengan rajin mencuci seprai. Tujuannya adalah menghilangkan iritasi yang dapat menimbulkan demam. Cobalah mencuci seprai Anda dalam waktu yang singkat, pasalnya di atas sprei Anda akan berisi tungau, dan semakin lama jeda waktu mencucinya, makan kotoran tungau tersebut akan menumpuk di atas sprei.

 (Baca Juga:Perempuan Ini Bikin Kaus Unik Khusus Menyusui, Tujuannya Sangat Mulia)

2. Jauhkan hewan peliharaan

Hewan berbulu seperti anjing dan kucing, memang sangat lucu dan menggemaskan. Tapi Anda harus menyingkirkannya pada malam hari supaya jadwal tidur Anda tidak terganggu. Para ahli meneliti serbuk sari yang menempel pada bulu hewan peliharaan akan berpindah menuju bagian tubuh Anda, pada saat membelai maupun menggendongnya.

 (Baca Juga:Banjir Diskon, Ini Tempat Berburu Fashion Lokal untuk Lebaran)


3. Selalu membersihkan diri tiap malam

Jika Anda merasa hal yang buruk terjadi pada malam hari, segeralah mandi. Pasalnya debu dan serbuk sari yang bertebaran bisa saja datang hinggap di pori-pori kulit Anda. Mandi di malam hari dapat membantu menghilangkan alergen dan mengurangi peningkatan gejala pada malam hari.

4. Pantau gejala

Anda juga wajib mencari informasi dari buku dan internet mengenai penyakit yang dialami. Jika Anda hanya sesekali minum obat dan tidak mengerti akan penyakit tersebut, maka pengobatan tidak akan efektif. Cari tahu gejala yang Anda alami dan periksakan hingga batas manakah keparahan penyakit Anda saat ini.

(tam)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini