Share

Resep Opor Ayam Maknyus untuk Hidangan Lebaran

Lidya Julita Sembiring, Okezone · Minggu 03 Juni 2018 04:25 WIB
https: img.okezone.com content 2018 06 03 298 1905859 resep-opor-ayam-maknyus-untuk-hidangan-lebaran-8mJJhAQnZo.jpg

TIDAK terasa sebentar lagi kita akan memasuki hari kemenangan, yakni hari Raya Idul Fitri 2018. Tentunya segala persiapan terus dilakukan untuk menyambut hari tersebut.

Hari lebaran biasanya menjadi kesempatan bagi kita untuk saling memaafkan dan bersilaturahmi bersama keluarga, teman, sahabat hingga mantan pacar.

Tentunya, hidangan makanan khas lebaran tidak boleh terlupa saat menyambut kerabat yang datang untuk bersilaturahmi. Katupat dan opor ayam harus ada saat Anda menyajikan kepada orang-orang tersayang.

Mungkin bagi Anda yang baru pertama kali memasak bingung apa saja bumbu yang dibutuhkan hingga bagaimana cara membuat opor ayam. Dilansir dari buku 525 Kumpulan Resep Mak Nyusss! Berikut Resep Opor Ayam yang bisa Anda buat untuk sajian hari raya nanti.

Bahan dan Bumbu yang Anda butuhkan:

1 ekor ayam

santan kental 1 liter

santan encer 1 liter

5 gram ketumbar

5 gram jinten

6 siung bawang merah

3 siung bawang putih

2 lembar daun salam

sejari lengkuas

6 butir kemiri

1 batang serai

garam dan lada secukupnya

Cara membuatnya:

1. Ayam dibersihkan dan dipotong-potong besar (kira-kira menjadi delapan bagian). Anda bisa membeli yang telah dipotong.

2. Bawang putih, bawang merah dihaluskan dan ditumbuk bersama dengan daun salam. Masukkan ke dalam panci dengan air secukupnya.

3. Kemudian masukkan potongan-potongan daging ayam ke dalam panci yang telah ada bumbu halus. Setelah tercium aromanya, masukkan santan encer.

4. Diamkan selama 3 menit dan kemudian masukkan santan kental dan bubuhi garam serta lada secukupnya. Tunggu sampai santan matang dan siap disajikan untuk keluarga.

Sangat mudah bukan untuk membuatnya. Jika Anda menyukai pedas, maka Anda bisa menambahkan lebih banyak cabai di dalam masakan opor. Bisa menambahkan cabai sesuai dengan selera dan tingkat kepedasan yang Anda inginkan.

Jika ingin membuat opor dengan kuah lebih kuning, maka Anda bisa memasukkan sedikit kunyit untuk memberikan warna kuning alami di masakan opor Anda. Sangat mudah menghidangkan makanan enak di saat hari kemenangan kepada keluarga.

Baca Juga: Masyarakat Depok Terbantu BLT BBM

(ful)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini