nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Dari Lemang Sampai Sekubal, Hidangan yang Hanya Ditemui Ketika Lebaran

Lidya Julita Sembiring, Jurnalis · Minggu 03 Juni 2018 06:06 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2018 06 03 298 1905876 dari-lemang-sampai-sekubal-hidangan-yang-hanya-ditemui-ketika-lebaran-NmNLByyvK5.JPG

TIDAK terasa bulan Ramadan telah kita lalui setengahnya. Menyambut Idul Fitri tentunya tak luput menyiapkan masakan yang akan dihidangkan bagi para tamu.

Berikut beberapa makanan wajib ketika Lebaran dari berbagai daerah di Indonesia yang Okezone rangkum dari berbagai sumber.

1. Sumatera Utara

Selain ketupat juga disajikan lemang saat Lebaran sebagai kekhasan Muslim dari Tapanuli. Makanan berbahan dasar beras ketan ini kaya dengan cita rasa bumbu lada, garam, dan santan.

Cara memasaknya pun berbeda, yakni menggunakan bambu. Beras ketan yang dibumbui tadi dimasukkan ke dalam bambu yang sudah dilapisi oleh daun pisang terlebih dahulu.

Memasaknya dengan cara dipanggang di atas bara api. Setelah matang, bambu akan akan dibelah dua, kemudian dipotong bulat-bulat seperti sushi dan siap diasantap dengan sajian berkuah.

2. Makassar

Buras menjadi makanan wajib yang terhidang di meja orang-orang asli Makassar, terutama saat Lebaran. Makanan mirip lontong ini terbuat dari beras, garam yang diselipi daun salam. Saking khasnya, masyarakat Makassar lebih memilih menghidangkan buras ketimbang ketupat yang dimakan bersama Coto pada hari raya Idul Fitri.

3. Lampung

Bagi masyarakat Lampung, Lebaran tidak afdol tanpa keberadaan Sekubal. Makanan dari racikan ketan dan santan ini kerap disantap bersama kuah sayur ataupun opor.

4. Aceh

Kue Timphan wajib disajikan saat hari raya Idul Fitri di semua rumah di Aceh. Makanan ini terbuat dari pisang raja, tepung ketan, santan kental, air kapur sirih, telur ayam, gula pasir, nangka, daun pandan dan kelapa parut. Rasa manis legitnya berpadu dalam gulungan daun pisang yang dikukus.

5. Manado

Manado juga punya cemilan khas yang wajib disajikan saat hari raya Idul Fitri, yakni lepet ketan. Makanan dari beras ketan putih, kelapa muda, kacang beras, dan garam serta dibungkus menggunakan daun pisang.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini