Share

Terlalu Banyak Santan saat Lebaran? Siapkan Makanan dan Minuman Ini untuk Netralisir

Annisa Aprilia, Jurnalis · Minggu 03 Juni 2018 13:05 WIB
https: img.okezone.com content 2018 06 03 481 1905927 terlalu-banyak-santan-saat-lebaran-siapkan-makanan-dan-minuman-ini-untuk-netralisir-Cvk2zRgKve.jpg Makanan Bersantan (Petapontianak)

SAAT Lebaran banyak menu hidangan yang mengandung cukup banyak lemak jenuh dan lemak trans. Opor ayam dan semur daging hanyalah dua dari ragam masakan yang terbuat dari santan kelapa dan bisa menyebabkan kolesterol jahat (LDL).

Meskipun santan memiliki khasiat bagi tubuh, tapi pengonsumsian yang berlebihan ketika Lebaran, justru bisa menimbulkan masalah baru bagi kesehatan Anda. Nah, agar tetap bisa enjoy saat menyantap hidangan khas Lebaran, berikut makanan dan minuman yang bisa Anda konsumsi untuk menetralisir santan, dirangkum dari berbagai sumber.

  Baca juga: Ternyata Ada 'Kembaran' Merghan Markle dari Negeri Paman Sam

1. Bayam

 Bayam

Sayur bayam mengandung banyak lutein yang bisa mencegah serangan jantung akibat kolesterol yang menyebabkan penyumbatan. Dengan memakannya sekira setengah cangkir setiap hari, maka Anda bisa terhindar dari serangan jantung.


2. Alpukat

 Alpukat (Shutterstock)

Alpukat bisa meningkatkan kolesterol HDL sekaligus menurunkan LDL. Kandungan beta sitosterolnya juga mampu menurunkan kolesterol, lemak nabatinya bisa mengurangi jumlah kolesterol yang diserap dari makanan. Meskipun begitu, harus tetap mengonsumsi alpukat dalam jumlah sedang, karena juga mengandung 300 kalori dan 30 gram lemak per buahnya.

 Baca juga: Kisah Hijrah Perempuan Cantik Meksiko, Alasannya Berhijab Penuh Perjuangan!

3. Teh hitam

Teh Hitam (Shutterstock)

Teh terkenal bisa menangkal kanker karena kandungan antioksidannya yang tinggi. Tapi, teh hitam mampu mengurangi lipid darah hingga 10 persen hanya dalam tiga Minggu dan jadi pembenteng tubuh yang hebat terhadap kadar kolesterol LDL yang tinggi. Pada temuan penelitian, teh hitam juga bisa membantu mengurangi risiko penyakit jantung koroner.

4. Gandum

 Oat Gandum (Authoritynutrition)

Jika Anda ingin menurunkan kolesterol, kuncinya adalah mengubah makan pagi. Menukar menu sarapan yang biasa dimakan dengan oat yang bisa menurunkan LDL sebesar 5,3 persen hanya dalam enam pekan. Kandungan beta glukannya dapat meleburkan kolesterol jahat, dengan menyerap LDL, dan kemudian diekspresikan oleh tubuh.

  Baca juga: Dari Lemang Sampai Sekubal, Hidangan yang Hanya Ditemui Ketika Lebaran

5. Air jeruk nipis peras hangat

 Air Jeruk Nipis

Setelah makan-makan berlemak dan mengandung santan, minumlah air jeruk nipis peras hangat. Minuman ini baik diminum secara rutin pada malam hari. Selain menurunkan kadar kolesterol jahat, khasiat lainnya yang bisa dirasakan adalah menjaga tubuh tetap prima.

(rzy)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini