nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Jangan Sampai Gigi Rusak! Ini 4 Tips Pilih Permen untuk Lebaran

Wikanto Arungbudoyo, Jurnalis · Minggu 03 Juni 2018 18:18 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2018 06 03 481 1905990 jangan-sampai-gigi-rusak-ini-4-tips-pilih-permen-untuk-lebaran-FZgKPe9BxS.jpg Permen (Daily Press)

HAMPIR tidak ada orang yang tidak senang mengudap permen. Mulai dari anak-anak hingga orang dewasa, semua suka makan permen.

Seperti yang diketahui, permen punya banyak bentuk, tekstur kekenyalan, hingga warna, dan rasa. Tentu tidak bisa sembarang memberi permen apalagi pada anak-anak. Selain enak, permen yang diberikan kepada anak juga harus diperhatikan kandungan gizinya.

 Baca juga: Kreasi Menata Kue Lebaran, Dijamin Lebih Menggugah Selera

Chef Sisca Soewitomo mengatakan, permen yang baik dan enak untuk anak setidaknya harus terbuat dari gula asli dan mudah dikunyah, sehingga tidak akan menimbulkan kerusakan pada gigi anak. Berikut jenis-jenis permen yang enak dan sehat buat anak, melansir dari Livestrong, Minggu (3/6/2018):

1. Bentuk lembut

Permen yang baik untuk anak adalah yang berbentuk lembut dengan ukuran besar, seperti gula kapas atau permen cokelat batangan yang lembut. Permen dalam bentuk kecil, bundar, atau bola-bola kecil serta tekstur keras rentan membuat anak tersedak.

 Permen

Baca juga: THR Tak Kunjung Datang, Simak Meme Lucu Ini Buat Menghibur

2. Tambahan kandungan buah dan susu

Anak mungkin belum terlalu suka dengan permen rasa mint. Ada baiknya memberi mereka permen dengan tambahan rasa atau terbuat dari buah dan susu. Selain asupan gizinya terjaga, rasanya pun lebih familiar dengan lidah anak-anak.

3. Pilih yang tidak mencolok

Warna makanan yang mencolok biasanya identik dengan bahan pewarna yang berbahaya. Usahakan untuk tidak memberi perman yang menggunakan warna tambahan. Ajarkan pada si buah hati bahwa pewarna makanan tidak baik serta tidak layak untuk konsumsi.

Baca juga: Ternyata Ada 'Kembaran' Merghan Markle dari Negeri Paman Sam

 Permen (Istock)

4. Perhatikan kandungan gula

Meski harus dipastikan dibuat dari gula asli, usahakan juga perhatikan seberapa banyak kandungan gulanya. Perlu diingat bahwa konsumsi permen, terutama yang banyak mengandung gula, amat berbahaya bagi kesehatan gigi anak.

(rzy)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini