nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Bikin Heboh, Gaya Putri Kerajaan Arab Saudi di Cover Majalah Vogue

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Senin 04 Juni 2018 04:08 WIB
https: img.okeinfo.net content 2018 06 04 194 1906098 bikin-heboh-gaya-putri-kerajaan-arab-saudi-di-cover-majalah-vogue-gZsCXxxt3z.jpg

SEBUAH majalah Timur Tengah, Vogue Arabia, menggunakan model seorang puteri kerajaan dalam cover majalahnya.

Tak pelak, aksi ini mendapat kecaman dari para perempuan Arab Saudi dan pihak-pihak lain karena mengabaikan tindakan keras terhadap aktivis hak-hak perempuan.

Adalah Puteri Hayfa Bint Abdullah Al Saud yang menjadi cover dalam majalah tersebut. Dalam foto tersebut, ia terlihat tengah duduk di bangku kemudi sebuah mobil sport mewah.

Foto tersebut memang sengaja dipampang pada cover majalah setelah larangan mengemudi bagi perempuan di negara tersebut akan dicabut pada 24 Juni 2018.

Meski demikian, sekira 12 wanita yang mendukung kampanye tersebut ditangkap dalam beberapa pekan terakhir. Majalah tersebut dinilai bandel oleh para kritikus karena masih mengiklankan kampanye meski beberapa aktivis masih ditahan.

(Baca Juga: 10 Perempuan Muslim Cantik dan Terkaya di Dunia)


Dalam sebuah pernyataan, Kepala Editor Vogue Arabia, Manuel Arnaut, membela keputusan editorial majalah tersebut.

"Publikasi menyoroti dan membahas isu-isu kunci yang berkaitan dengan kewanitaan di dunia Arab. Penggunaan puteri Hayfa akan membantu memperbesar pesan mereka," tegas Arnaut.

Menurutnya, membuka sebuah perdebatan yang sehat seputar topik yang sedang hits merupakan tujuan utama mereka. Alhasil mereka sengaja membuat cover dengan tujuan tersebut.

"Menginformasikan dan memulai perdebatan yang sehat di seputar topik yang sedang marak merupakan prioritas bagi kami. Kami memutuskan untuk menekankan ini dengan citra ikon yang kuat dan benar-benar memenuhi tujuannya. Kami akan membawa fokus ke peranan perempuan dalam masyarakat Saudi," tambahnya.

(Baca Juga: Kisah Hijrah Perempuan Cantik Meksiko, Alasannya Berhijab Penuh Perjuangan!)

Beberapa pengguna media sosial, Twitter di Arab Saudi mengeluh bahwa sang puteri tidak pantas berada di cover utama majalah tersebut. Tetapi sebagian lainnya meyakini bahwa majalah tersebut membuat sejarah dengan menampilkan puteri Hayfa dan menggambarkannya sebagai sebuah inspirasi.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini