nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Saatnya Kaum Hawa Bersepeda

Koran SINDO, Jurnalis · Senin 04 Juni 2018 13:42 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2018 06 04 196 1906266 saatnya-kaum-hawa-bersepeda-2DP53Tmcx8.jpg Ilustrasi. Foto: Men'sfitness

OLAHRAGA bersepeda biasanya didominasi kaum adam. Stereotipe ini pula yang membuat Tabitha Sumendap dan Helen Tan menginisiasi Women’s Cycling Community (WCC), komunitas yang mewadahi hasrat kaum hawa menggeluti olahraga ini. Helen menceritakan awal mula berdirinya WCC.

Sekitar tiga tahun lalu saat mengikuti kompetisi triatlon di Filipina, dia dan Tabitha mendapati animo kaum hawa yang tinggi dalam olahraga intensitas berat tersebut. “Sementara di Jakarta, kami nyari teman perempuan untuk sepedaan, triatlon, susah sekali. Kita ingin sekali melihat banyak perempuan di Indonesia yang bersepeda dan nggak minder menekuni olahraga ini,” kata Helen.

Akhirnya, sekitar tiga tahun lalu, dia dan Tabitha serta tiga rekannya membentuk komunitas WCC ini. Melalui komunitas tersebut, mereka membuka kesempatan seluas-luasnya bagi perempuan untuk mulai menjadikan bersepeda sebagai gaya hidup.

Hingga kini, anggota WCC sudah berjumlah sekitar 130- an yang tersebar di berbagai kota di Indonesia. Berbagai kegiatan mulai gowes bareng hingga kegiatan sosial dilakukan para anggota WCC.

Ilustrasi. Foto: Istimewa

[Baca Juga: Jangan Salah! Bersepeda Bisa Menghambat Penuaan]

“Jadwal rutin kami memang nggak ada karena kami kan bentuknya komunitas. Jadi, dari wadah ini, kami berharap sesama anggota yang tinggalnya berdekatan bisa latihan sepeda bersama. Tapi, kami pernah bikin perlombaan di JI EXPO, ngadain gowes bareng, dan ikut touring ke berbagai daerah di Indonesia,” ungkapnya.

Selain melatih kebugaran dan menambah relasi, Helen mengungkapkan, olahraga yang ditekuninya itu bisa membawanya melihat keindahan Indonesia yang selama ini tidak disadarinya. Berbagai touring sepeda ke daerah-daerah di Indonesia tidak dilewatkannya demi menemukan surga lain di Indonesia.

“Sebelum sepedaan, aku jarang traveling di Indonesia. Sejak suka sepedaan, aku pernah touring ke Jawa Timur, Jawa Tengah, Sumatera, Makasar, sampai Bintan. Ternyata Indonesia cantik juga ya, karena dulu taunya cuma Bali. Apalagi kalau ngeliat sawah, itu kayak wah, mungkin karena kita orang kota ya,” papar dia.

 Ilustrasi. Foto: Istimewa

Gabung ke komunitas pesepeda seperti WCC, menurut Helen, bisa menjadi wadah untuk mempelajari teknik olahraga ini, juga memotivasi untuk latihan secara rutin. “WCC ini wadah untuk pemula karena pemula biasanya takut bagaimana memulai dan dengan siapa. Di WCC, perempuan bisa dapat teman yang memang baru sama-sama mulai. Sejalan dengan waktu nanti bisa jadi mahir,” ungkapnya.

(abp)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini