nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

4 Takjil dari Berbagai Belahan Dunia, Jangan Ngiler Dulu Ya!

Agregasi Cashbac, Jurnalis · Senin 04 Juni 2018 07:38 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2018 06 04 298 1906133 4-takjil-dari-berbagai-belahan-dunia-jangan-ngiler-dulu-ya-VfG0qy9GUP.jpg Samosa, Shutterstock

JAKARTA - Salah satu hal yang paling dirindukan saat bulan Ramadan adalah takjil dan kemunculan beragam makanan berbuka yang ada di sekitar kita. Namun jika gorengan dan kolak adalah yang paling sering kita temui sehari-hari, ternyata banyak hidangan lain yang menjadi ciri khas dari berbagai negara dalam memilih takjil. Penasaran? Berikut Cashbac berikan 4 bocoran takjil yang siap bikin ngiler. Awas jangan sampai batal ya puasanya.

1. Samosa

Ilustrasi, ShutterstockFoto: Shutterstock

Samosa pada dasarnya adalah makanan kecil yang berbentuk segitiga, digoreng renyah dan memiliki beragam isian yang sangat menggoda. Mulai dari sayuran untuk Anda yang vegetarian, hingga yang paling sering ditemui seperti keju, daging, ataupun kentang. Samosa yang memang populer di daerah Asia Tengah ini akan mudah sekali Anda temukan saat berada di daerah India. Di beberapa daerah lain pun seperti Ethiopia dan Yaman, Samosa lebih dikenal dengan nama lainnya yaitu Sambusas.

Baca Juga: Aksi Manny Pacquiao Bikin Melongo, Borong Ribuan Rumah untuk Dibagikan Gratis

2. Pie

Ilustrasi, ShutterstockFoto: Shutterstock

Mungkin memang sedikit sulit mencari takjil ataupun menu berbuka yang khas saat berada di daerah Amerika Serikat. Namun beberapa muslim yang menjalankan ibadah puasa di Negeri Paman Sam tersebut biasa menjadikan salah satu jenis pastry ini sebagai menu berbuka favorit mereka, tak lain dan tak bukan yaitu adalah pie. Pie yang memang memiliki isian beragam ini memiliki kandungan gizi yang baik untuk berbuka, sehingga energi yang terbuang dan kurangnya asupan glukosa selama puasa dapat digantikan dengan makanan yang satu ini.

3. Kunefe

Ilustrasi, ShutterstockFoto: Shutterstock

Untuk takjil yang satu ini biasanya akan mudah Anda temukan di daerah Turki. Dengan menggunakan keju sebagai bahan utama, kunefe ini terasa lembut dan gurih pada bagian dalamnya namun renyah saat masuk gigitan pertama berkat lapisan kadaynf. Apa lagi itu kadaynf? Kadaynf sendiri hanyalah adonan yang terbuat dari tepung dan air dan dibuat menyerupai serat dan kemudian akan diberikan isian keju didalamnya, sehingga jadilah kunefe.

Baca Juga: Intip Gaya Modis Selebriti Muslim Dunia, Sudah Tak Canggung Pakai Hijab

4. Jus

Jus sebagai menu berbuka puasa? Iya Anda memang tidak sedang salah membaca. Di Afrika, tepatnya di daerah Mesir, warga yang menjalankan ibadah puasa biasa menjadikan jus sebagai menu favorit mereka untuk berbuka. Namun tidak seperti jus pada umumnya, di Mesir warga gemar untuk memilih jus yang menggunakan bahan-bahan lokal seperti asam, hibicus, aprikot dan tebu karena dapat meredakan panas yang terasa begitu menyengat. Jus ini pun mudah ditemukan di sudut kota, seperti pasar-pasar kaget yang memang hanya buka untuk menyajikan takjil selama bulan Ramadhan.

(ris)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini