Lumpia Sayur, Menu Takjil Sehat untuk Diet

Agregasi Solopos, Jurnalis · Senin 04 Juni 2018 11:14 WIB
https: img.okeinfo.net content 2018 06 04 298 1906188 lumpia-sayur-menu-takjil-sehat-untuk-diet-TwbJ6I0sqX.jpg Ilustrasi. Foto: Pictagram

BERBUKA puasa bersama keluarga tentu akan lebih meriah dengan makanan olahan sendiri. Makanan yang dimasak dengan penuh cinta lebih terasa nikmat disantap dibandingkan dengan yang dijajakan pedagang bukan? Apalagi takjil yang dijajakkan pedagang tidak terjamin kebersihan dan kesehatannya.

Menyiapkan takjil untuk keluarga tercinta, khususnya yang sedang diet sebenarnya cukup mudah jika Anda tahu caranya. Mau tahu makanan lezat dan sehat apa saja cocok disantap saat berbuka puasa untuk pelaku diet? Simak sajian khusus berikut:

Lumpia sayur

Bahan:

10 lembar kulit lumpia siap pakai

1 batang wortel di patur memanjang

50 gram kol

50 gram tauge

1 batang daun bawang dicincang halus

1 sing bawang putih dan 2 siung bawang merah (haluskan)

2 butir telur (sisakan sedikit putihnya untuk perekat)

Garam, merica, dan gula pasir secukupnya

Margarin untuk menumis

Minyak untuk menggoreng

Foto: livinginthemomentt/Instagram

[Baca Juga: Sarapan Praktis dengan Lumpia Jakarta dan Dadar Isi Kentang]

Cara membuat:

Tumis bawang putih dan bawang merah dengan margarin sampai harum. Masukkan telur aduk asal rata. Masukkan wortel, tumis sampai layu. Lanjut masukkan kol dan tauge. Bubuhkan setengah sendok teh garam, seperempat sendok teh merica bubuk, dan satu sendok teh gula pasir. Aduk sampai semua bahan tercampur rata.

Siapkan selembar kulit lumpia dan masukkan satu sendok makan isian, gulung. Rekatkan kulit lumpia dengan putih telur. Terakhir, goreng hingga kuning keemasan, sajikan selagi hangat.

[Baca Juga: Ini Bedanya Risoles dan Lumpia]

(abp)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini