nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Restoran Ini Gunakan Teknologi Robot untuk Layani Pelanggan, Pelayan Manusia Kian Tersisih?

Dimas Andhika Fikri, Jurnalis · Senin 04 Juni 2018 11:41 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2018 06 04 298 1906208 restoran-ini-gunakan-teknologi-robot-untuk-layani-pelanggan-pelayan-manusia-kian-tersisih-LVYbYxT4Ae.jpg Restoran robotik di Boston Amerika Serikat (Foto: Engadget)

PERKEMBANGAN teknologi yang begitu pesat memunculkan berbagai kekhawatiran, khususnya dalam hal Sumber Daya Manusia (SDM). Dalam beberapa dekade terakhir, sejumlah negara seolah berlomba-lomba menciptakan teknologi mutakhir yang bertujuan mempermudah pekerjaan manusia di masa mendatang. Salah satunya dengan mengembangkan teknologi robot.

Selain memotong anggaran dana yang diperlukan untuk membayar gaji pekerja manual. Biaya maintenance atau perawatan robot memang cenderung lebih murah, dan tentunya dapat bekerja dalam jangka waktu yang lebih lama. Perkembangan teknologi inilah yang kini dilirik oleh berbagai perusahan, termasuk dalam sektor kuliner.

Beberapa waktu lalu, sebuah restoran asal Massachusetts, Amerika Serikat, mengumumkan bahwa mereka akan menggunakan teknologi robot untuk melayani para pelanggan. Dengan bantuan para insinyur ternama seperti Michael Farid dari MIT, Kale Rogers, Luke Schlueter, Brady Knight, serta koki berbintang Michelin Daniel Boulud, membuka Spyce di Washintong Street, Boston, di mana sebagain besar pegawainya merupakan robot-robot berteknologi canggih.

Nantinya, para pelanggan dapat memesan makanan melalui komputer layar sentuh. Lalu, salah satu ‘pekerja’ dari total tujuh robot yang disiapkan akan memasak setiap pesanan makanan dalam hanya kurun waktu tiga menit saja. Kendati demikian, restoran ini masih mempekerjakan tiga karyawan manusia yang bertugas menyajikan makanan ke meja pengunjung, serta memandu mereka dalam memesan makanan.

Restoran Robotik

Baca juga: Ingin Berat Badan Tetap Ideal saat Lebaran? Ini Cara Bakar Lemak Anda

Boulud yang memilih tujuh restoran di New York City dan enam di sejumlah negara bagian di Amerika, mengaku telah berinvestasi cukup besar dalam mengembangkan Spyce. Koki Prancis berusia 63 tahun itu mendengar ide restoran robot tersebut setelah mendapatkan email yang dikirimkan oleh Farid, Rogers, Schlueter, dan Night. Mereka mengirimkan sebuah video berisi prototipe ‘dapur robot’ yang mereka bangun sendiri di ruang bawah tanah rumah mereka.

“Fast food (makanan cepat saji) harus diolah secara sehat, dengan bahan-bahan lokal, dan harganya pun harus terjangkau. Spyce di Boston adalah salah satu contoh terbaik yang menggambarkan generasi baru dalam industri kuliner,” tutur Boulud.

Menu Restoran Robot

Baca juga: Viral! Foto Mona Lisa 'Kabur' dari Lukisannya

Lalu apa saja menu yang ditawarkan oleh restoran tersebut? Executive Chef Sam Benson mengatakan bahwa para pengunjung dapat dengan bebas memilih menu favorit mereka masing-masing, baik yang berbahan dasar daging atau makanan khusus untuk vegetarian, pescatarian, vegan, hingga gluten free. Harga yang dipatok pun cukup terjangkau yakni Rp103 ribu per porsi. Demikian dilansir dari The Daily Meal, Senin (4/6/2018).

(hel)

GRATIS! Uji kesiapanmu menghadapi SBMPTN 2019 di Tryout SBMPTN Online 2019. Daftar dan login DI SINI

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini