nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Begini Cara Dapatkan Tidur Berkualitas Selama Perjalanan Mudik Lebaran

Annisa Aprilia, Jurnalis · Selasa 05 Juni 2018 01:05 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2018 06 04 406 1906450 begini-cara-dapatkan-tidur-berkualitas-selama-perjalanan-mudik-lebaran-EyPUrpYEbi.jpg Ilustrasi (Foto: Shutterstock)

DETIK-DETIK menuju perjalanan mudik sudah hampir di depan mata. Beragam persiapan menuju kampung halaman sedikit demi sedikit sudah rampung.

Namun, terkadang masih saja ada satu masalah yang datang mengejutkan terjadi, seperti kurang istirahat dan sulit tidur sepanjang perjalanan mudik. Anda tidak perlu khawatir, sebab masalah tersebut bisa Anda hindari dengan menyesuaikan waktu tidur sebelum berangkat mudik.

Melansir dari laman New York Times, Selasa (5/6/2018), saat perjalanan membutuhkan waktu cukup lama, pindahkan waktu tidur Anda satu jam lebih awal setiap malam, dan ulangi selama beberapa malam sebelum perjalanan. Misalnya Anda tidur pukul 11 malam dan pukul lima pagi harus berangkat, maka tidurlah pada pukul 7 malam. Mungkin terdengar lebih awal, tapi Anda akan merasa jauh lebih baik.

 (Baca Juga:Mengenal Lebih Dekat Ali Banat, Jutawan Muslim Berhati Malaikat yang Baru Meninggal)

Selain menyesuaikan jam tidur, Anda juga harus makan dan minum yang cukup sepanjang perjalanan. Makanlah saat Anda merasa lapar, tidak pada sembarang waktu, agar tidak mengantuk selama di perjalanan.

 

Saat memutuskan untuk tidur selama perjalanan, sebaiknya tidak menggunakan alat bantu tidur, sebab hal tersebut justru bisa menambah gejala jet lag, seperti kelelahan, mual, sakit kepala, dan membuat konsentrasi buruk. Selain menghindari penggunaan alat bantu tidur, mengonsumsi obat tidur pun tidak dianjurkan, karena tidak semua obat tidur aman. Namun, jika Anda sungguh kesulitan untuk tidur dalam perjalanan, mengonsumsi melatonin dengan resep dokter bisa dicoba, tapi penggunannya hanya untuk beberapa hari awal perjalanan saja.

 (Baca Juga:Ditaksir Baim Wong, Intip Penampilan Modis Shaloom Razade Sehari-hari)

Setibanya di kampung halaman, Dr David Hamer, direktur Travel Clinic di Boston Medical Center, menyarankan agar berolahraga di hari pertama. Dengan cara seperti ini, waktu tidur Anda akan kembali normal dan nyenyak.

Selain itu, saat sudah berada di kampung, cobalah lakukan seperti halnya masyarakat lokal. Mengatur jadwal tidur ke zona waktu setempat dan beradaptasi secepat mungkin dengan mengikuti ritme waktu. Terjaga pada siang hari dan tidur dengan lelap pada malam hari. Begitu pun dengan makan, meskipun tidak lapar atau belum memulihkan selera makan, tapi pantang bagi Anda untuk tidak makan, dan teruslah mencoba untuk makan sesuai jam makan.

(tam)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini