nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Lemas Saat Puasa? Ini Trik Mengatasinya

Agregasi Cashbac, Jurnalis · Senin 04 Juni 2018 07:48 WIB
https: img.okeinfo.net content 2018 06 04 481 1906134 lemas-saat-puasa-ini-trik-mengatasinya-9G7V9Frljb.jpg Ilustrasi (Shutterstock)

JAKARTA - Terbiasa dengan pola makan yang dilakukan 3x sehari dan harus berubah saat bulan Ramadan. Hal ini akan membuat beberapa organ tubuh akan mengalami adaptasi. Dengan banyaknya aktivitas yang dilakukan saat siang hari di tengah berpuasa, namun minimnya asupan yang masuk ke tubuh tidak dapat dipungkiri akan membuat badan menjadi lemas. Namun Anda jangan terlarut dengan rasa lemas, berikut 4 trik dari Cashbac untuk mengatasinya:

1. Jangan Makan Berlebih Saat Berbuka

Ilustrasi, ShutterstockFoto: Shutterstock

Tidak jarang saat berbuka Anda akan balas dendam dengan mengonsumsi makanan dan minuman sebanyak mungkin karena lapar yang terasa seharian penuh. Namun ini adalah hal yang salah, ada baiknya memang Anda mengonsumsi makanan dalam porsi kecil terlebih dahulu agar sistem pencernaan yang sedang istirahat seharian tidak kaget dengan jumlah makanan yang mendadak masuk dalam porsi banyak. Hal ini ditakutkan justru akan mengakibatkana kinerja sistem penceraan yang akan menjadi lebih berat dan membuat efek yang tidak baik untuk tubuh.

Baca Juga: Aksi Manny Pacquiao Bikin Melongo, Borong Ribuan Rumah untuk Dibagikan Gratis

2. Tetap Lakukan Olahraga

Ilustrasi, Shutterstock

Pilih olahraga yang paling Anda gemari dan tetap lakukan itu selama bulan Ramadhan. Namun sebagai catatan, lakukan dengan intensitas yang lebih rendah dan pilihlah waktu yang tepat untuk melakukannya. Anda bisa mulai melakukan olahraga beberapa saat sebelum adzan magrib berkumandang ataupun setelah melakukan taraweh. Janganlah Anda menjadi dimanjakan dengan tubuh yang terasa lemas, karena dengan olahraga Anda justru akan mendapatkan stamina yang lebih baik.

3. Minum yang Cukup

Ilustrasi, ShutterstockFoto: Shutterstock

Salah satu penyebab tubuh lemas saat berpuasa adalah dehidrasi karena kurangnya minum seharian. Agar lebih maksimal, ada trik yang bisa Anda coba saat berbuka dan sahur, yaitu konsumsilah minimal 2 gelas air mineral saat berbuka dan 2 gelas juga saat sahur. Selain itu, saat menyantap makan malam, perbanyak juga minum air mineral. Sebagai tambahan, Anda dapat menambah minuman yang mengandung banyak vitamin, jus, ataupun yogurt agar pencernaan tetap terjaga dengan baik.

Baca Juga: Intip Gaya Modis Selebriti Muslim Dunia, Sudah Tak Canggung Pakai Hijab

4. Maksimalkan Pola Tidur dengan Baik

Bangun di tengah malam untuk melakukan sahur secara tidak langsung akan membuat pola tidur Anda menjadi sedikit berubah. Meskipun durasinya menjadi berkurang, namun jangan sampai Anda tidak memiliki pola tidur yang tidak berkualitas. Untuk mendapatkan pola tidur yang tetap baik, hindari untuk makan berat 2 jam sebelum Anda tidur malam. Selain itu jika Anda memiliki waktu kosong saat beraktifitas di siang hari, tidak ada salahnya untuk dimanfaatkan sebaik mungkin untuk beristirahat.

(ris)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini