Khasiat Tak Terduga Bawang Putih, Salah Satunya untuk Terlihat Awet Muda!

Annisa Aprilia, Jurnalis · Senin 04 Juni 2018 10:03 WIB
https: img.okezone.com content 2018 06 04 481 1906150 khasiat-tak-terduga-bawang-putih-salah-satunya-untuk-terlihat-awet-muda-V4qqhtsbgi.jpg Bawang Putih (MedicalNewsToday)

WANGINYA yang khas membuat bawang putih disukai, tapi tidak sedikit pula yang menghindarinya. Salah satu campuran dalam bumbu masakan ini ternyata tidak hanya sekadar bumbu saja.

Padahal, tanpa Anda sadari, bawang putih memiliki khasiat yang tidak pernah Anda duga sebelumnya, selain bisa membuat masakan lebih nikmat dan menggugah selera. Melansir dari laman NDTV Food, Senin (4/6/2018), berikut khasiat bawang putih yang akan mencengangkan Anda.

Baca juga: Viral! Foto Mona Lisa 'Kabur' dari Lukisannya

1. Varietas bawang terbaik

Bawang putih mengandung sulfur, allicin, jika dihancurkan atau dikunyah, bawang putih juga memiliki sifat anti bakteri dan anti jamur. Setiap 100 gram bawang putih memiliki 150 kalori, 33 gram karbohidrat, 6,36 gram protein, kaya akan vitamin B1, B2, B3, B6, folat, vitamin C, Kalsium, zat besi, magnesium, mangan, fosfor, potasium, Natrium, dan seng.

Bawang PUtih (Shutterstock)

“Kandungan belerang yang tinggi dalam bawang putih membuatnya memiliki sifat antibiotik, dapat membantu menjaga sistem pencernaan agar selalu bersih dengan membuang racun. Bawang putih juga bisa membangun kekebalan tubuh terhadap serangan flu dan mencegah penyakit jantung dengan membersihkan arteri yang tersumbat. Selain itu, bisa juga menyembuhkan bekas luka di kulit. Khasiat terbaik bawang putih adalah ketika dikonsumsi mentah,” jelas Dr Simran Saini, Ahli Gizi Delhi.

Baca juga: Ingin Berat Badan Tetap Ideal saat Lebaran? Ini Cara Bakar Lemak Anda

2. Menghilangkan jerawat

Dua siung bawang putih mentah yang dicampur dengan air hangat dan diminum setiap pagi dapat menghilangkan jerawat. Selain itu, ada pula cara lainnya yaitu dengan mencampur bawang putih, perasan lemon, dan air hangat, minum secara rutin setiap pagi. Dengan cara seperti ini, bawang putih akan membantu Anda membersihkan dan membuang racun dari dalam tubuh.

3. Demam dan flu

Bawang putih pun ternyata bisa menyembuhkan Anda dari demam dan flu yang tidak kunjung hilang. Caranya, ambillah 2-3 siung bawang putih mentah, masak seperti teh, lalu hirup uapnya. Campurkan dengan madu dan jahe agar lebih nyaman, maka hidung tersumbat dan flu pun perlahan menghilang dan kekebalan tubuh Anda kembali normal.

Baca juga: Bikin Heboh, Gaya Putri Kerajaan Arab Saudi di Cover Majalah Vogue

“Bawang putih dapat ditambahkan ke rebusan air, kaldu, dan sup, untuk menyembuhkan sinusitis, pilek, dan flu. Namun, khasiat terbaik bawang putih adalah ketika masih dalam keadaan mentah,” ujar Dr. Shikha Sharma, Ahli kesehatan dan kebugaran Delhi, pendiri Nutrihealth.

Bawang Putih (Stylecraze)

4. Mencegah penyakit jantung

Mengonsumsi bawang putih setiap hari dapat membantu menurunkan kadar kolesterol, karena bawang putih memiliki sifat anti oksidan allicin. Bawang putih juga bermanfaat untuk mengatur tekanan darah dan kadar gula darah.

Baca juga: Malangnya Anjing Ini, Dikirim via Ekspedisi Malah Tewas Mengenaskan di Pesawat

5. Menunda tanda-tanda penuaan

Kaum Hawa sebaiknya mulailah untuk mengonsumsi bawang putih, karena selain berkhasiat untuk kesehatan, pun bisa melindungi kulit dari efek radikal bebas dan memperlambat penipisan kolagen, yang menyebabkan hilangnya elastisitas kulit.

Di sisi lain, meskipun bawang putih memiliki khasiat yang banyak bagi kesehatan manusia, namun penggunaannya tidak boleh sembarangan. Pasalnya, bagi pasien asma sebaiknya tidak mengonsumsi bawang putih, karena mungkin memiliki efek samping.

Bawang putih juga harus dihindari bagi orang-orang yang hendak operasi. Jangan pula mengonsumsi lebih dari 2-3 siung bawang putih dalam sehari tanpa berkonsultasi dengan dokter.

(rzy)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini