nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Madu Bisa Jadi Obat Batuk untuk Anak-Anak, Benarkah Efektif?

Dewi Kania, Jurnalis · Senin 04 Juni 2018 19:20 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2018 06 04 481 1906348 madu-bisa-jadi-obat-batuk-untuk-anak-anak-benarkah-efektif-skMCiyCnrv.jpg Batuk anak (Foto: Healthsite)

JIKA anak sedang batuk, orangtua pasti segera memberikan madu murni untuk mengatasinya. Ramuan ini sejak dulu memang dikenal sebagai obat yang aman untuk mereka, tapi benarkah?

Rupanya masih banyak orang ragu akan fungsi madu untuk mengatasi batuk. Karena itu, ada penelitian yang menunjukkan bahwa madu dapat digunakan sebagai obat untuk mengobati serangan demam dan batuk untuk si anak-anak.

Penelitian itu dilakukan pada tahun 2016, kemudian diterbitkan dalam jurnal Pediatric Child Health. Rupanya madu hanya berfungsi untuk meringankan gejala batuk yang mengganggu. Tak heran jika madu dipercaya dapat mencegah pertumbuhan bakteri, virus dan ragi, serta mengurangi peradangan.

 Baca juga: Ingin Berat Badan Tetap Ideal saat Lebaran? Ini Cara Bakar Lemak Anda

Karena di saat batuk, pasti tenggorokan rasanya gatal dan ini membuat anak jadi rewel. Dengan memberikan madu pasti menimbulkan efek menenangkan karena sifar antioksidan.

 

Lalu, studi lain yang diterbitkan pada tahun 2014 di jurnal Canadian Family Physician juga pernah meneliti manfaat madu yang dianggap dapat mengobati batuk dan pilek. Ini menunjukkan bahwa satu dosis madu dapat mengurangi sekresi lendir dan mengurangi batuk pada anak-anak.

Dalam studi tersebut, madu yang dicampurkan pada teh hitam hangat atau air hangat biasa dapat melepaskan sifat antioksidan. Ini fungsinya dapat meningkatkan pelepasan sitokin, yang mungkin memiliki efek antimikroba.

Namun pada dasarnya madu bukanlah obat yang disarankan atau ramuan untuk bayi. Ada laporan kasus botulisme atau keracunan karena gangguan pencernaan pada bayi.

Untuk mengetahui apakah madu benar-benar seefektif seperti yang dikenal banyak orang selama ini, Ahli Gizi Dhvani Shah mengatakan, madu dapat digunakan sebagai bahan alami untuk meringankan gejala batuk saja. Tapi saat dikombinasi dengan rempah-rempah atau herbal lain, hasilnya akan lebih baik.

Misalnya ketika anak mengalami batuk kering, kombinasi madu dan jahe bekerja dengan baik. Tetapi si kecil mengalami batuk berdahak, buatlah ramuan madu dengan sejumput kunyit. Berikan ramuan ini sampai batuk mereda.

 Baca juga: Celana Tak Menutupi Bokong Ini Dijual Rp2 Juta, Mau Beli?

"Madu selalu berfungsi dengan baik bila dikombinasi dengan beberapa herbal dan itu sudah terbukti," ujar Dhvani, dilansir Thehealthsite, Senin (4/6/2018).

(dno)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini