nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Hati-Hati, Kebanyakan Makan Saat Berbuka Puasa Picu Sakit Maag

Koran SINDO, Jurnalis · Senin 04 Juni 2018 16:37 WIB
https: img.okeinfo.net content 2018 06 04 481 1906380 hati-hati-kebanyakan-makan-saat-berbuka-puasa-picu-sakit-maag-H797qj9jIh.jpg Ilustrasi (Shutterstock)

JAKARTA - Bulan puasa seakan menjadi alasan bagi sebagian orang untuk makan banyak di luar hari biasa. Ketika berbuka puasa, beragam takjil hingga makanan berat dikonsumsi, belum lagi aneka es sebagai penghilang dahaga.

Padahal, kondisi perut yang kosong selama kurang lebih 14 jam kemudian langsung diisi oleh segala jenis makanan, bisa memicu terjadinya sakit maag.

 

Baca Juga: Mengenal Lebih Dekat Ali Banat, Jutawan Muslim Berhati Malaikat yang Baru Meninggal

Ilustrasi, ShutterstockFoto: Shutterstock

Assistant Brand Manager Mylanta Dinda Parameswari memaparkan, studi internal yang dilakukan Mylanta menemukan 63% sakit maag timbul karena pola makan.

“Seperti makan tidak teratur, telat, dan makan sembarangan,” kata Dinda, dalam acara Mylanta Ajak Masyarakat untuk Makan Bijak, di Jakarta.

Dia mengatakan, sebanyak 2,5 juta orang berpotensi sakit maag akibat pola makan yang berlebihan. Hal ini dikarenakan perut kosong seperti disebutkan di atas kemudian lapar mata dan makan apa pun yang diinginkan.

“Inilah mengapa sakit maag kerap terjadi kepada orang yang berpuasa,” ujarnya.

Selain itu, membeli makanan buka puasa yang terlalu banyak dapat menimbulkan food waste atau makanan sisa yang terbuang. Dinas DKI Jakarta pada 2016 mengungkapkan, adanya peningkatan volume sampah sebesar 10% pada 10 hari pertama Ramadan.

Baca Juga: Malangnya Anjing Ini, Dikirim via Ekspedisi Malah Tewas Mengenaskan di Pesawat

Ilustrasi, ShutterstockFoto: Shutterstock

Dinda menyarankan saat berbuka puasa sebaiknya makan tidak berlebihan dan sesuai dengan kebutuhan, seperti Mylanta yang memulai kampanye Makan Bijak. Sebab, mengonsumsi makanan secara tidak berlebih juga dapat membantu menjalani ibadah puasa dengan lebih nyaman.

(ris)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini