Share

Masih Buang Sampah Sembarangan? Meme-Meme Ini Cocok untuk Anda

Wikanto Arungbudoyo, Jurnalis · Selasa 05 Juni 2018 11:07 WIB
https: img.okezone.com content 2018 06 05 196 1906677 masih-buang-sampah-sembarangan-meme-meme-ini-cocok-untuk-anda-4tZk4Lpo2Z.jpg Meme sampah (Foto: Ist)

SALAH satu cara untuk menjaga kelestarian lingkungan adalah dengan tidak membuang sampah sembarangan. Selain tidak sedap dipandang, sampah yang menumpuk tidak pada tempatnya rawan menimbulkan penyakit.

Begitu juga dengan sampah yang dibuang ke sungai. Banjir karena aliran air yang terhambah tumpukan sampah sudah pasti menjadi dampak buruk. Selain itu, sampah yang dibuang ke sungai dapat mengganggu ekosistem di perairan.

Demi mendukung kampanye agar tidak membuang sampah dengan sembarangan, Okezone menghimpun meme-meme yang bisa membuat pembaca sekalian berpikir dua kali jika ingin membuang sampah tidak pada tempatnya.

 Baca juga: 7 Cara Unik Kucing Ekspresikan Rasa Cinta pada Anda

Enggak punya otak

 

Pendidikan dasar di Indonesia dicanangkan selama sembilan tahun. Tapi, pendidikan dasar saja tidak cukup sehingga dilanjutkan ke pendidikan menengah selama tiga tahun. Total, masa belajar umumnya orang Indonesia adalah 12 tahun, mulai dari SD hingga SMA.

Dua belas tahun tentu bukan waktu yang sebentar. Seharusnya pelajaran yang diterima mampu diserap dengan baik oleh otak. Sudah 12 tahun belajar, masih juga buang sampah sembarangan. Mungkin sewaktu sekolah cuma sampai gerbang...

Bedanya tukang bersih dan tukang sampah

 

Orang yang mengangkut sampah lazim disebut sebagai tukang sampah. Tapi, meme ini mengajak untuk berpikir sebaliknya. Profesi tukang sampah lebih baik diganti dengan tukang bersih karena mereka mengangkut serta membersihkan jalan. Sebutan tukang sampah lebih pas ditujukan kepada mereka yang membuang sisa dengan sembarangan. Benar juga.

Polisi pun sedih

Buang sampah sembarangan tentu perilaku yang menyedihkan. Sebab, tindakan tersebut tidak mencerminkan manusia yang beradab. Jangan buang sampah sembarangan lagi ya karena perilaku tersebut membuat si polisi wanita ini bersedih.

 Baca juga: Gaya PNS Cantik Mirip Ariel Tatum, Bikin Adem Lihatnya!

Denda atau traktir?

Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung punya cara sedikit unik untuk mendorong masyarakat, terutama laki-laki agar tidak membuang sampah sembarangan. Kota Kembang memberlakukan denda minimal Rp50 juta bagi siapa saja yang membuang sampah dengan sembarangan.

Pemkot Bandung lantas menerbitkan meme yang membuat para lelaki jomblo berpikir, mau bayar denda atau uangnya dipakai untuk mentraktir seorang perempuan. Warganet yang kreatif lalu mengganti wajah si wanita dengan penyanyi berparas cantik, Raisa.

(dno)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini